Member Of

Member Of

Like Untuk Bergabung

Jumat, 13 April 2018

Pelajar Di Sumba Timur Pelajari Kubur Megalitikum

Siswa/i Sumba Timur Saat Mengikuti Kegiatan Sekolah Peradaban

Waingapu - Kegiatan Sekolah Peradaban diselenggarakan Badan Arkeologi Nasional Bali bekerja sama dengan LITBANGDA Kabupaten Sumba Timur menjadi Pengalaman perdana bagi siswa – siswi SMP dan SMA kota Waingapu, Sumba Timur, NTT.





Pelajar SMP dan SMA tersebut Rabu 11/04 2018  mengunjungi Kampung ampung Lambanapu, kelurahan Lambanapu kecamatan Kambera untuk mempelajari rumah peradaban kubur tempayan bangunan megalitikum. Bangunan yang berisikan rangka manusia ( fosil) tersebut diperkirakan berumur 2500SM.

Menurut tradisi atau adat Sumba, bila keturunan bangsawan atau raja meninggal maka jasadnya diikat hingga membentuk seperti janin dalam kandungan ibu dan dikeringkan berbulan-bulan bahkan bertahun – tahun. Dalam upacara pengebumian, ada hamba yang diikutsertakan dalam kubur sang tuan. Oleh sebab itu, penelitian Badan Arkeologi ini mendapati fosil dalam bentuk tidur terlentang dan juga fosil dalam tempayan.



Septi Dadi, S.Pd salah seorang pengajar yang meliput kegiatan ini menuliskan, Keterlibatan para pelajar ini memberi pengalaman dan wawasan bangunan megalitikum di kabupaten Sumba Timur.

Kegiatan ini melibatkan 300 orang pelajar yang terdiri dari sekolah menengah pertama ( SMP N 1 Waingapu, SMPN 1 Kambera, SMPK Padadita, SMP Kristen Payeti) dan semua SMA sekota Waingapu. (Red)


Sumber: talentagirimulya
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD