Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 20 Januari 2017

Bahas Tapal Batas Bupati Sumba Barat Bertemu Bupati Sumba Tengah

Titus Liuarai Kabag Tata Pemerintaha Sumba Barat
WAIKABUBAK -Bupati Sumba Barat (Sumbar), Drs. Agustinus Niga Dapawole akan bertemu Bupati Sumba Tengah, Drs. Umbu Sappi Pateduk , Kamis (19/1/2017), untuk membahas penyelesaian tata batas kedua kabupaten. Pertemuan kali ini adalah pertemuan internal.
 
Setelah pertemuan ini akan berlangsung pertemuan resmi dengan melibatkan tim penyelesaian tata batas kedua kabupaten yang akan berlangsung beberapa waktu ke depan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Sumba Barat, Titus Diaz Liurai di ruang kerjanya, Rabu (18/1/2017), mengatakan, sehari sebelumnya, Bupati Sumba Barat menggelar pertemuan dengan Forkompinda, tim teknis penyelesaian tata batas dan pelaku sejarah pemekaran seperti Mantan Bupati Sumba Barat, Drs.Julianus Pote Leba, M.Si untuk penegasan kembali tata batas Sumba Barat dengan Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Sumba Tengah.

Sesungguhnya, kata Titus, penyelesaian tata batas tiga kabupaten ini tidak sulit, manakalah semua pihak mengacu pada Undang-undang Nomor 3 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Sumba Tengah dan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten SBD. Di dalam undang-undang tersebut jelas tertera semuanya.

Ia meminta semua pihak kembali ke sejarah pemekaran dengan memegang prinsip pemekaran tidak boleh mematikan kabupaten induk. Sebab kalau persoalan tata batas dibicarakan sebelum pemekaran, maka dipastikan pemekaran tidak mungkin terjadi. Saat itu disepakati tata batas antar kabupaten berdasarkan batas wilayah antar desa dan antar kecamatan. Bila hal ini menjadi rujukan maka persoalan tata batas antar tiga kabupaten mudah diselesaikan.

Titus menyebutkan, dengan Kabupaten Sumba Tengah, ada tiga titik perbatasan yang dinilai cukup krusial, yakni Karendi, Waiwiruk dan Wanokaka. Sedangkan dengan Kabupaten SBD tinggal hanya satu titik, yakni di Karang Indah, perbatasan antara Kecamatan Lamboya Barat dengan Kecamatan Wewewa Selatan. (pet)

Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD