Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 03 Oktober 2016

Fasilitas Pariwisata Di SBD Terus Dibenahi

Air Terjun Pabeti Lakera di Wilayah Kecamatan Wewewa Selatan salah satu obyek wisata di SBD
Tambolaka - Demi meningkatkan jumlah wisatawan yang menuju ke Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, pemerintah melalui Dinas Pariwisata akan mulai membangun berbagai fasilitas serta sarana dan prasarana di sekitar obyek – obyek wisata yang ada di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah telah mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 2.780.000.000 untuk mendukung obyek wisata di Sumba Barat Daya. Beberapa obyek wisata yang akan dibenahi menggunakan dana DAK tersebut diantaranya Danau Weekuri, air terjun Pabeti Lakera serta Festival Pasola. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sumba Barat Daya, Drs. Yohanes Bora, M.Pd

Salah satu yang menjadi keluhan bagi wisatawan baik asing maupun lokal serta masyarakat Sumba sendiri saat ini adalah fasilitas jalan menuju obyek wisata yang belum memadai. “Yang sering menjadi keluhan adalah sarana dan prasarana jalan. Saat ini kami dari Dinas Pariwisata sudah meminta Dinas PU untuk lakukan hotmix jalan di sepanjang pesisir sekitar danau Weekuri,” kata Yohanes.

Selain keluhan infrastruktur jalan, hal lain yang disayangkan oleh wisatawan adalah situasi keamanan di sekitar obyek – obyek wisata di Sumba Barat Daya. Banyaknya obyek wisata yang berlokasi di wilayah pedalaman mengakibatkan wisatawan rawan menjadi korban kejahatan seperti pencurian atau pemalakan oleh oknum warga di sekitar tempat wisata.

“Kita juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat. Kami dari tahun 2010 hingga 2012 telah mulai melakukan Sosialisasi Sadar Wisata. Masyarakat yang ada di sekitar wisata harus tahu apa itu wisata dan manfaatnya, dan hal ini akan terus kami lakukan,” tegasnya.

Sumber: gerak-an.com
Comments
1 Comments

1 komentar:

Baktiar Sontani mengatakan...

Sumba Barat Daya punya banyak potensi wisata yang luar biasa.. infrastruktur mungkin memang harus banyak dibenahi tapi yang jauh lebih penting memang menanamkan sadar wisata. Sampai saat ini SBD masih belum aku rekomendasikan untuk wisata camping.. Jika masyarakat sadar wisata pasti akan banyak perubahan ke depannya

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD