Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 19 Mei 2016

Pesona Kampung Adat Praijing

Waikabubak - Salah satu kampung adat di Desa Tebara yang terletak di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikenal dengan nama kampung adat Praijing yang memiliki rumah-rumah adat tradisional yang unik.
 
“Kampung adat ini masih unik, karena rumah-rumah adatnya masih asli tradisional dengan batu-batu megalitik didalamnya, kita berharap tempat ini bisa menjadi obyek wisata nantinya,” jelas pemerhati Budaya Sumba Umbu Yeremias

Umbu menjelaskan, kampung adat tradisional Praijing ditetapkan sebagai salah satu situs budaya oleh pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Sumba Barat, karena letaknya diatas bukit Praijing yang tinggi sehingga pemandangan sangat indah dengan panorama hamparan persawahan, dibawahnya membentang Kota Waikabubak-Sumba Barat.

Menurut Umbu, akses jalan menuju kampung adat Praijing tergolong baik, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau jasa travel.

“Memang jalannya nampak aspal tapi tidak semua karena sebagian masih bebatuan dan pasir saat hujan,” katanya

Koordinator Program Penataan Pemukiman berbasis komunitas Johana Boro, SH mengatakan, tahun 2016 kampung Praijing akan mendapat kucuran dana sebesar Rp 1 miliar untuk penataan dan merehabilitasi rumah adat dan pengerjaan rabat jalan dalam kampung serta bangun pagar keliling dan fasilitas didalamnya.

“Jadi upaya penataan itu untuk menyentuh penghuni dalam kampung agar dapat berubah pola pikir mereka,” tuturnya

Lanjut dia, bila sudah memadai semua sarana dan prasarana di Kampung Praijing, tentunya pemerintah daerah (Permda) akan membuka akses pariwisata bagi wisatawan yang hendak mengunjungi tempat itu.

“Ini adalah aset daerah untuk mengembangkan pariwisata di daerah nantinya, bisa dikenal secara nasional dan bahkan dunia,” tambahnya.(*)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD