Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 15 Mei 2016

Pemanfaatan Energi Terbarukan Perlu Dikembangkan Di Sumba Barat

Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP
Waikabubak - Salah satu dari berbagai macam sumber energi terbaru kan adalah Biogas. Energi biogas dapat diperoleh dari air buangan rumah tangga, kotoran cair dari peternakan ayam, sapi, babi, sampah organik dari pasar, industri makanan dan limbah buangan lainnya. Pemanfaatan Biogas bisa coba di lakukan di Kabupaten Sumba Barat untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan BBM. Hal itu di ungkapkan Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni, SP.


Pemanfaatan energi alternatif biogas yang ramah lingkungan merupakan cara yang sangat menguntungkan, karena mampu memanfaatkan alam tanpa merusaknya sehingga siklus ekologi tetap terjaga. Sehingga bila ditotalkan dalam satu tahun, masyarakat bisa menghemat hingga jutaan 

Teknologi Biogas sudah cukup mapan dan terbukti dapat memproduksi energi non BBM yang sekaligus ramah lingkungan.biogas termasuk teknologi yang memiliki efisiensi tinggi tinggi dan ramah lingkungan karena residu proses biogas juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk berkualitas tinggi dan mengurangi efek rumah kaca. Dari sudut pandang itulah dapat disimpulkan bahwa teknologi biogas termasuk teknologi ramah lingkungan.

Tangki penampung kotoran hewan terbuat dari fibreglass yang disebut Biodigester. Didalam Biodigester yang tertutup rapat, kotoran hewan diencerkan dengan air. Ini untuk mempercepat proses keluarnya gas dari kotoran hewan. Dengan memanfaatkan tekanan gas di dalam Biodigester, gas metan yang terbentuk dialirkan ke penampungan gas. Tempat penampungan gas itu ada berupa kantong plastik berukuran besar, tapi ada pula berbentuk tabung dari fibreglass. Dari wadah penampungan ini, gas metan dapat dialirkan langsung ke kompor yang ada di dapur. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah inovasi teknologi pembuatan biogas sebagai alternatif energi terbarukan dan ramah lingkungan.(Dry)

Sumber: Humas Kabupaten Sumba Barat
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD