Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 08 April 2016

Reza Rahadian Akan Kembali ke Sumba Bawa Misi Mulia

Reza Rahadian
Jakarta - Syuting film The Mirror Never Lies pada 2011 mengubah total salah satu kebiasaan hidup Reza Rahadian. Terutama yang berkaitan dengan air bersih. Dahulu, tanpa disadari aktor yang pernah diganjar penghargaan terbaik Festival Film Indonesia itu termasuk mereka yang membuang-buang air.
 
“Kalau menyalakan keran dan sikat gigi, refleks. Keran menyala, sikat dibasahi, pasta gigi dituang, lalu sikat gigi dengan air terus menyala,” ceritanya pada CNNIndonesia.com di Jakarta, pada Kamis (7/4). Namun sejak tinggal di Hoga, salah satu pulau di Wakatobi, kebiasaan membuang-buang air itu berubah total.

Dua bulan syuting film di sana, Reza merasakan sendiri sulitnya mendapat air bersih. “Setiap hari kegiatannya harus mencuci baju sendiri pakai air asin,” katanya menggambarkan kondisi di Hoga.

Air tawar termasuk barang langka. Dari air laut, ia harus diendapkan sekian lama terlebih dahulu baru bisa digunakan. Listrik pun susah, hanya ada empat jam sehari. Mau tak mau, kegiatan kamar mandi Reza dan kru film yang bercerita tentang kehidupan masyarakat pesisir laut itu memakai air asin.

Sejak itu, kebiasaan sikat gigi dengan air menyala, tidak lagi dilakukan Reza. Mandi pun, lanjutnya, pancuran air selalu dimatikan setiap dirinya sedang menggunakan sabun atau sampo. Itu jadi refleks.

Pengalaman pribadi itu, ditambah kepedulian tinggi Reza pada isu-isu sosial, membuatnya langsung menerima “pinangan” United Nations Development Programme (UNDP) di Indonesia untuk menjadi duta mereka dalam mengampanyekan salah satu programnya: penyediaan air bersih. Kampanye dimulai tepat pada Hari Air Sedunia 22 Maret lalu, dengan ditargetkan selesai pada 22 Mei mendatang.

“Saya langsung bilang ‘iya’ hari itu juga. Mari tanda tangani sesuatu jika harus,” ujar Reza bersemangat.

Ia bahkan sudah punya banyak rencana di kepalanya. Pertama, “memanfaatkan” koneksinya sebagai figur publik. “Saya mau bikin gathering untuk menggalang dana, mengundang beberapa teman aktor dan aktris yang potensial mau bergabung dan membantu,” tutur bintang Habibie & Ainun itu.

Targetnya, Reza menegaskan, mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya. Saat ini di laman penggalangan dana proyek Bring Water for Life tercantum target dana adalah Rp350 juta. Itu akan digunakan untuk membangun pompa air bertenaga matahari di sekitaran Waingapu, Sumba Timur.

Sampai Kamis (7/4), dana yang sudah terkumpul sudah lebih dari Rp50 juta. Reza optimistis, target akan tercapai. Masalah yang menurutnya umum saat ini, orang bukan tak mau menyumbang, tapi terlalu malas membuka situs web-nya. Karena itu ia mencanangkan adanya gathering, agar semua berkumpul.

Di satu tempat itu nanti, Reza akan mempresentasikan program air bersihnya sembari meminta mereka yang datang untuk membuka laman bersama-sama dan berpartisipasi. “Pokoknya mereka tidak akan bisa berkata tidak. Mereka tidak boleh keluar ruangan tanpa menyumbang,” kata Reza sambal bercanda.

Bukan hanya itu, ia juga akan bergerilya ke kampus-kampus dan aktif berkampanye di basis penggemar yang dimilikinya. Aktor 29 tahun itu akan memutar video untuk membukakan mata betapa masyarakat Sumba Timur kesulitan air bersih, lalu mengajak orang-orang untuk peduli membantu mereka.

Salah satu kampanye juga akan digelar di kegiatan perubahan iklim di JCC Senayan, tengah bulan ini.

Reza sendiri pernah tiga bulan tinggal di Sumba, saat syuting Pendekar Tongkat Emas. “Sebelum ke sana saya dibilangin, itu daerah Sembilan Matahari. Panas sekali,” ujarnya. Di balik kecantikan pemandangan, kondisi alam Sumba sejatinya sangat kering. Tanah yang ada lebih mirip bebatuan karang. Tandus.

Saat itu, beruntung ia tinggal di kawasan perkotaan. Air dan makanan masih mudah didapat. “Kalau di Sumba Timur itu penduduknya tinggal berjauh-jauhan. Kondisinya juga kering, jadi terbayang yang rumahnya di bukit susah sekali dapat air bersih,” ujar Reza memberi gambaran. Di sana, masyarakat harus berjalan sejauh puluhan kilometer, selama dua sampai tiga jam, untuk dapat air bersih.

Karena itulah pengadaan fasilitas air bersih berupa pompa bertenaga matahari—karena mereka juga masih kesulitan listrik—sangat dibutuhkan masyarakat setempat. Reza sendiri nantinya akan kembali mengunjungi Sumba untuk menjalankan proyek pengadaan air bersih oleh UNDP itu.

Reza bukan satu-satunya figur publik yang membantu UNDP mencapai target menciptakan kehidupan lebih baik bagi masyarakat dunia, dalam konteks ini di Indonesia. Ia akan berkolaborasi dengan salah satu lawan lainnya di Pendekar Tongkat Emas, Eva Celia. Eva lebih dahulu menjadi duta UNDP.

Menurut Christophe Bahuet Country Director UNDP di Indonesia, kerja sama dengan figur publik seperti Eva dan Reza akan sangat efektif membantu kampanyenya, berdasarkan pengalaman di negara lain.

“Kombinasi Badan Dunia dan selebriti, sangat kuat untuk bicara pada public. Apalagi populasi di Indonesia sangat banyak, kita harus meraih mereka semua. Kombinasi ini akan membuat orang lebih perhatian, dan pesan akan lebih tersampaikan,” ujar Bahuet dalam kesempatan yang sama.

Ia sendiri melihat, kehidupan di Indonesia sebenarnya mengalami peningkatan sedikit demi sedikit selama 15 tahun belakangan. Kemiskinan misalnya, saat ini hanya sekitar 11 persen.

Namun karena kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan, akses bagi sebagian penduduk yang tinggal di pulau-pulau kecil tidaklah mudah. Kata Bahuet, berdasarkan penelitian sejauh ini, masih banyak dari mereka yang miskin, kurang sehat, susah mendapat air, bahkan kehidupannya belum “diterangi” listrik. Mereka lah yang menjadi target UNDP untuk ditingkatkan taraf hidupnya.

“Saat ini mungkin Sumba. Tapi bisa juga kita raih pulau lain seperti Papua,” katanya menyebutkan. (rsa/vga)

 Sumber: cnnindonesia
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD