Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 02 Maret 2016

Revolusi Pertanian Tingkatkan Ekonomi Masyarakat SBD

Bupati SBD dan Wakil Bupati bersama Istri serta sejumlah pejabat saat memantau perkebunan cabe di Wewewa Timur
Tambolaka - Program unggulan yang dicanangkan kepemimpinan Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu,SH dan Wakil Bupati Drs. Ndara Tanggu Kaha yakin revolusi pertanian, boleh dikatakan berhasil. Pasalnya, di bidang pertanian sejumlah komoditas seperti jagung, tomat, cabe dan lainnya tumbuh subur dan dipastikan akan memberi dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat SBD. 
Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu, Selasa (1/3) mengatakan, target dari revolusi pertanian yang dicanangkan sebagai program unggulan adalah selain kecukupan pangan, juga peningkatan ekonomi masyarakat SBD.

"SBD ini mayoritas masyarakat petani, sehingga dengan revolusi pertanian ini kita targetkan bagaimana masyarakat SBD bisa mandiri di bidang ekonomi. Dalam artian bahwa ada peningkatan ekonomi dan tentunya sejahtera dengan begitu mampu menyekolahkan anak-anak dan bisa membangun rumah yang layak huni," katanya.

Menurutnya, hasil panen komoditas jagung tahun ini sangat melimpah dan merata diseluruh kecamatan di SBD. Karena itu, dalam waktu dekat ada pengusaha jagung dari Jakarta turun ke SBD untuk meninjau langsung hasil panen masyarakat dan rencananya pengusaha tersebut akan membeli seluruh hasil panen jagung di SBD dengan harga yang bagus.

Dengan demikian, pasar sudah disiapkan, maka otomatis masyarakat akan lebih termotivasi dalam membuka lahan-lahan tidur di SBD menjadi lahan yang menghasilkan.

"Kita siapkan peralatan seperti traktor baik kecil maupun besar, sudah sekitar 200 unit yang telah dibagikan untuk memperlancar proses olah lahan. Selain itu ansitan juga kita berikan gratis. Pemkab juga telah memfasilitasi petani dengan mesin penggiling. Ini semua untuk mewujudkan masyarakat SBD yang sejahtera," katanya.

Selain komoditas jagung, pemkab juga terus memotivasi masyarakat petani untuk fungsikan semua lahan yang ada dengan menanam jambu mete, komoditas lain seperti tomat, cabe dan sayur-sayuran serta ubi-ubian.

"Selama ini tomat dan cabe serta komoditas lain yang selalu didatangkan dari Bima maupun Kupang dan daerah lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat SBD, kelak tidak lagi. Justru kita berkomitmen komoditas-komoditas kita inilah yang akan dibawa dan dijual keluar," harapnya.

Karena itu, katanya, target kepemimpinannya bersama wakil lima tahun ke depan adalah bagaimana membuat SBD ketercukupan dalam hal pangan, masyarakat SBD sejahtera dan tentu generasi-generasi SBD bisa mengenyam pendidikan minimal sarjana. (r1/ays)

Sumber : timorexpress
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD