Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 30 Maret 2016

Pemda SBD Serahkan Lahan Untuk Pembangunan Radar

Bupati SBD, Markus Dairo Talu, SH menyerahkan lahan Pembangunan radar kepada Danlanud El Tari Kupang, Kolonel Penerbangan Jorry S. Koloway S.IP disaksikan Wakil Bupati SBD Drs. Ndara Tanggu Kaha di ruang kerja Bupati SBD, Rabu (30/03)
Tambolaka - Sebagai upaya penguatan pertahanan dan keamanan wilayah udara NKRI di Wilayah selatan Indonesia Timur, TNI Angkatan Udara Republik Indonesia akan membangun radar di Desa Kahale kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) untuk melindungi wilayah udara NKRI di blind spot antara Bali, Lombok dan Kupang.

Untuk mendukung rencana pembangunan itu, Rabu (30/03)  Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu, SH dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Drs. Ndara Tanggu Kaha selaku Pemerintah Daerah SBD menyerahan lahan seluas 23 Hektare yang terletak di Desa Kahale Kecamatan Kodi Balaghar kepada Komandan Lapangan Udara ( Danlanud) El Tari Kupang untuk digunakan sebagai lokasi pembangunan radar

Danlanud El Tari Kupang, Kolonel Penerbangan Jorry S. Koloway S.IP mengatakan rencana AURI untuk membangun radar dalam rangka pertahanan dan keamanan wilayah udara di selatan Indonesia serta menjaga terhadap potensi kemungkinan ancaman ataupun masuknya penerbangan tanpa ijin atau penerbangan gelap dari arah selatan dan melindungi wilayah perbatasan Indonesia dengan RDTL dan Australia.

Wilayah Sumba Barat Daya dipilih sebagai situs pembangunan radar Karena Sumba Barat Daya merupakan wilayah yang belum tercover (blind spot) di pulau Sumba dan radar yang akan dibangun di kodi balaghar menjadi radar yang akan digunakan untuk mengcover wilayah kosong yang belum terpantau diantara antara region Bali, Lombok dan Kupang.

Danlanud berharap melalui pembangunan radar di kodi nantinya maka semua wilayah selatan indonesia dapat terhubung hingga ke jawa sehingga wilayah udara indonesia dapat tercover seluruhnya. "Realisasinya bisa cepat tergantung bagaimana pemerintah memprioritaskan untuk pembangunan di satu atau dua tahun ini." Ujarnya

Sementara itu, Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu (MDT) mengatakan bahwa dengan ditempatkannya radar di Kodi Balaghar merupakan bentuk perhatian Angkatan Udara RI terhadap wilayah Sumba dan sebagai pemerintah dirinya mendukung rencana tersebut. Salah satu wujud dukungan Pemerintah SBD dengan memperbaiki akses jalan ke lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan radar pemantau untuk mempermudah kegiatan pembangunan radar dan operasinya.

Bupati MDT juga mengatakan bahwa Kepala Satuan Angkatan Udara  (KASAU) yang ditemuinya beberapa waktu lalu sudah berjanji akan membangun sekolah bagi masyarakat SBD dekat lokasi pangkalan Radar di Kodi Balaghar.

Bupati MDT berharap sekolah yang rencananya akan dibangun oleh AURI Itu akan dapat menunjang kegiatan-kegiatan AURI di Pulau Sumba. "kita berdoa bersama mudah-mudahan bisa secepatnya, Kita harap bisa realisasi satu dua tahun ini", pungkasnya. (vic)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD