Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 24 Maret 2016

Kampus Beri Keringanan Bagi Mahasiswa Sumba Untuk Pulang Kampung

Petugas Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa timur, mendata satu persatu mahasiswa asal Sumba yang akan pulang ke kampung halamannya
Malang, Jawa Timur - Pihak Universitas Wisnuwardhana, Malang, Jawa Timur, memberi keringanan bagi mahasiswanya asal Sumba, NTT yang memilih pulang kampung hingga situasi normal kembali.
 
Mahasiswa Sumba, Nusa Tenggara Timur di Universitas Wisnuwardhana memilih pulang kampung lantaran situasi kurang kondusif usai peristiwa pengeroyokan yang menewaskan seorang mahasiswa Maluku.

"Tadi saya ikut rapat juga. Kepulangan mereka sudah konfirmasi ke kampus. Mereka minta izin untuk tidak masuk kuliah, dan kami berikan toleransi," kata Wakil Rektor 3 Unidha, Yudi Batubara, Rabu (23/3/2016).

Rencana pulang kampung murni kemauan mahasiswa. Pihak kampus, kata Yudi, tidak punya niat mengusir. Aktivitas perkuliahan tetap berjalan seperti biasa.

Pihaknya telah mencoba agar mahasiswa NTT mengurungkan niatnya pulang kampung. Di sisi lain jangan sampai terprovokasi.

"Mungkin mereka diimbau sama orangtuanya. Saat ini proses mediasi dari kampus, aparat, dan pihak pemerintah terus dilakukan," ujarnya.

Selain itu, sejak awal mendaftar di Unidha setiap mahasiswa diminta menandatangani pakta integritas. Kendati begitu, ia optimistis dapat menjadikan mahasiswanya sebagai generasi emas dan membanggakan.

Pihak kampus akan memberi sanksi mahasiswa yang terbukti terlibat dalam bentrok tersebut. Yudi mendukung proses hukum tetap berjalan.

"Ini soal karakter, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, kami yakin tidak semua dari mereka bersifat demikian. Tanggung jawab bersama memberi pendidikan bagi mereka," jelasnya.

Ia berharap kejadian serupa tidak terulang kembali, apalagi sampai memakan korban jiwa.

Ratusan mahasiswa Sumba, NTT itu pulang kampung siang tadi. Mereka mendapatkan pengawalan petugas hingga Banyuwangi.

Pulang massal itu menyusul peristiwa bentrok pada Minggu 20 Maret 2016. Dalam bentrok tersebut, seorang mahasiswa Maluku, Nasehon Leplepem, tewas dikeroyok sekelompok orang di sekitar Universitas Wisnuwardhana. Bentrok tersebut diduga buntut dari cekcok satu bulan lalu antara mahasiswa Sumba dan Maluku.

Sumber: Metrotvnews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD