Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 14 Februari 2016

Sumba Lokasi Pilihan Pengembangan Cengkeh dan Tebu

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Provinsi NTT, Ir. Samuel Rebo
Kupang – Pulau Sumba memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, baik di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan pariwisata. Dengan potensi yang dimiliki itu, para investor pun mulai melakukan investasi di bidang perkebunan dan peternakan. Beberapa perusahaan yang melakukan investasi yaitu PT. Lingkar Indah, PT. Sentosa Anugerah Sejahtera (SAS), PT. Muria Sumba Manis, dan PT. Asian Beef.
 
Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ir. Samuel Rebo di kantornya, Kamis (11/2) siang.

Dikatakan Samuel, PT. Lingkar Indah saat ini sudah mulai melakukan penanaman cengkeh di Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya. Perusahaan ini sudah melakukan penanaman cengkeh sekitar 700 Ha dari lahan yang dibutuhkan sekitar 5.000 hingga 6.000 Ha.

Menurutnya, perusahaan itu menyewa lahan milik masyarakat dengan menyerap tenaga kerja sekitar 500 orang. Dimana tenaga kerja direkrut dari daerah itu. Mereka sebagian lahan sudah dapat HGU sebagian disewakan dalam jangka waktu panjang.

Kemudian di Kabupaten Sumba Timur juga ada pengembangan cengkeh oleh PT. Sentosa Anuegarh Sejahtera (SAS) di Watumbaka. Investasi sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Luas lahan yang sudah ditanam sekitar 200 Ha dari kebutuhan lahan minimal sekitar 3.5000 Ha.
Selain itu, kata Samuel, juga ada pengembangan tebu oleh PT. Muria Sumba Manis di Kecamatan Pahungalodu (Sumba Timur). PT. Muria Sumba Manis, rencana dikembangkan di 23 desa dengan target investasi sekitar 60.000 Ha. Perusahaan ini memanfaatkan lahan masyarakat yang ada. Saat sementara pembibitan sekitar 200 Ha.

Khususnya pengembangan tebu di Sumba Timur, kata Samuel, perusahaan rencana dikembangkan sekitar 11.000 Ha akan didirikan satu pabrik. Jika mencapai jumlah lahan yang dibutuhkan maka sekitar 2 – 3 pabrik nanti akan dibangun. Kemudian sekaligus kembagkan tanaman kastol. “ Tanaman kastol ini sejenis pohon jarak. Tanaman kastol ini yang nanti akan menghasilkan oli”, ujar dia.

Sedangkan PT. Asian Beef mengembangkan ternak sapi di Kabaru, Kabupaten Sumba Timur. Menurutnya, pengembangan sapi di Sumba Timur karena melihat potensi sangat bagus dan daerah sangat luas. (Ang)
Investor Kembangkan Cengkeh dan Tebu di Sumba

Sumber: beritalima
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD