Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 10 Februari 2016

Sapi Dari Sumba dan Bali Tiba Di Jakarta

Jakarta - Kapal Motor Camara Nusantara I kembali merapat ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal khusus ternak merapat Senin malam, 8 Febuari 2016 dengan muatan sebanyak 500 ekor ternak.
 
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, dari 500 ekor ternak tersebut didapat dari dua tempat angkut, yaitu 300 ekor sapi Bali yang diangkut dari Pelabuhan Tenau Kupang dan 200 ekor sapi Sumba Ongole yang diangkut dari pelabuhan Waingapu.

"Setelah ini jadwal pelayaran kapal ternak selanjutnya adalah 16 Febuari dan 1 Maret 2016. Kami akan mensosialisaikan jadwal tersebut dan mendistribusikannya kepada dinas yang menangani fungsi pertenakan dan kesahatan hewan yang berada pada rute pelayanan, serta kepada BUMN atau BUMD. Untuk selanjutnya dinas-dinas tersebut dapat menginformasikan kepada calon pengguna kapal," terang Amran di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarata, Selasa (9/2/2016).

Amran menyampaikan, dari sisi efisiensi biaya, keberadaan kapal khusus ternak ini diharapkan mampu menghemat biaya, kemudian mengurangi susut ternak selama perjalanan karena menerapkan prisnsip animal welfare selama perjalanan.

"Kisaran harga sapi di pelabuhan bervariasi dan ditentukan berdasarkan b to b (business to business), sedangkan bobot badan ternak yang dikirim antara 275 kg-325 kg," jelasnya.

Berdasarkan rekapitulasi data pengajuan shipping instruction (SI), sampai tanggal 29 Januari 2016, terdapat 13 perusahaan yang telah mengajukan permintaan untuk menggunakan kapal khusus ternak dengan jumlah ternak keseluruhan 1.063 ekor.

Adapun, pelayaran kali ini ditetapkan sembilan perusahaan sebagai calon pengguna kapal. Mengingat kapasitas kapal memiliki 500 ruang, sehingga membuktikan bahwa ketersediann sapi potong di Provinsi NTT cukup banyak untuk dapat memenuhi angkutan kapal khusus ternak ke daerah konsumen.(rai)

Sumber: Okezone
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD