Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 25 Februari 2016

Populasi Ternak Sapi Di Sumba Timur Harus Dijaga

Waingapu -  Kabupaten Sumba Timur adalah daerah penghasil ternak sapi di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memberikan sumbangan berarti bagi kebutuhan daging nasional.
 
“Hal yang paling penting untuk menjaga populasinya adalah bagaimana menghentikan pemotongan dan pengiriman hewan betina yang masih produktif,” kata Umbu Mandjapati, pemerhati ternak Sumba

Dia menambahkan, sektor peternakan di NTT memiliki peranan penting bagi daerah dan nasional karena sudah cukup lama menjadi sumber ternak bibit dan ternak potong khusus sapi dan kerbau yang kemudian dikirim ke pulau Jawa.

“Untuk itu tanggung jawab pemerintah baik di pusat maupun di daerah serta masyarakat dan pengusaha swasta untuk menangani peternakan agar terjaga populasinya”, katanya.

Kepala Badan Bimbingan Masyarakat (Bimas) dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Ir. Yosis Djawa Gigy, mengatakan, pemerintah telah memiliki program untuk mewujudkan pertumbuhan alami ternak sapi, menaikkan angka peranakan ternak sapi guna mempercepat peningkatan populasi.

Sementara itu ekspor ternak bibit yang dilakukan tanpa dikendalikan secara baik dan diikuti dengan pemotongan terhadap ternak betina produktif secara tidak terkontrol, ditambah sejumlah penyakit menular sehingga mematikan.

“Ini menyebabkan penurunan populasi ternak sapi di wilayah NTT semakin besar”, katanya. (Budin)


Sumber: metroonline.co
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD