Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 27 Januari 2016

Wisata Sambil Nonton Pasola 2016

Traveller yang berharap dapat menyaksikan Pasola tahun 2016 ini tentunya sudah harus bersiap-siap karena bulan Februari dan Maret 2016 ini, Pasola akan berlangsung di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur

Bagi yang masih awam tentang Pasola, informasi tentang Pasola mungkin masih membingungkan. Pasola adalah ritual perang berkuda yang dilakukan oleh masyarakat adat Sumba dan hanya berlangsung setahun sekali .

Event "Perang-perangan" satu-satunya di dunia ini, dilakukan di atas kuda dengan menggunakan senjata yang disebut hola/sola. Sola dalam bahasa Sumba adalah tongkat kayu.

Satu lagi yang unik dari Pasola yang jadwal pelaksanaanya yang tidak sembarangan ditentukan karena harus berdasarkan keputusan para Rato Pasola (ketua adat) seltal mereka melakukan ritual-ritual adat Marapu

Pasola berlangsung di beberapa lokasi di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Barat. Untuk Kabupaten Sumba Barat Daya, Pasola akan berlangsung di Homba Kalayo,, Pasola Bando Kawango, Pasola Rara Winyo,  Pasola Maliti Bondo (Ratenggaro), Pasola Waiha, dan Pasola Wainyapu, Kecamatan Kodi Blaghar.

Sementara  untuk  Kabupaten Sumba Barat, Pasola akan berlangsung di  Lamboya, Wanokaka dan Gaura.

Menurut prediksi sementara, pasola tahun 2016 ini akan dilaksanakan pada tgl 2 Februari 2016 untuk wilayah Lamboya dan tanggal 26-27 Februari 2016 di wilayah Kodi. Namun tentunya kepastian jadwal pelaksanaan pasola menunggu hasil rapat adat para Rato.

Traveller selain menyaksikan event Pasola tentunya anda juga bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata yang exotic dan unik di Pulau Sumba salah satunya karang berlubang/bolong di pantai bwanna/bannu di kodi balaghar juga perkampungan di atas laut di Ratengaro dan Wainyapu yang dekat dengan lokasi pelaksanaan pasola.

So...Tunggu apalagi Traveller??, siapkan dirimu Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Negeri seribu kuda dan Seribu kampung.

Sumber: http://www.kompasiana.com/sandrodandara
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD