Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 25 Januari 2016

Sapi Dari Sumba Dan Timor Cukup untuk Kebutuhan Nasional

Kupang - Sapi potong asal Provinsi Nusa Tenggara Timur dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional, khususnya untuk Pulau Jawa dan Kalimantan. Saat ini populasi sapi di daerah itu masih 890-900 ribu ekor.
 
Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Peternakan NTT Dani Suhadi. “Sentra peternakan sapi terdapat di Pulau TimOr dan Pulau Sumba, NTT,” katanya kepada Tempo, Senin, 25 Januari 2016.

Suhadi berujar, sapi asal NTT setiap saat bisa dikirim ke Jawa dan Kalimantan guna mengatasi masalah kebutuhan daging secara nasional. Sedangkan untuk kebutuhan lokal di berbagai daerah di NTT dirasa masih sangat cukup.

Itu sebabnya Suhadi membantah KM Camara Nusantara, kapal pengangkut sapi dari NTT ke Jakarta, dua kali pulang kosong ke Jakarta. “Itu tidak benar,” tuturnya.

Menurut Suhadi, baru satu kali KM Camara Nusantara datang ke NTT. Namun, karena bersamaan dengan persiapan perayaan Natal, kapal yang kembali ke Jakarta pada 23 Desember 2015 tersebut tidak membawa sapi. "Yang saya tahu, baru sekali kapal itu pulang kosong," ucapnya.

Berulang kali Suhadi mengatakan stok sapi di NTT mencukupi untuk didistribusikan guna mengatasi masalah ketersediaan daging sapi di sejumlah daerah di Jawa dan Kalimantan. "Sapi asal NTT masih tersedia untuk memenuhi kebutuhan daging nasional," ujarnya.

Pengiriman sapi asal NTT ke Jawa dan Kalimantan, tutur Suhadi, harus disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan, yakni 52-55 ribu ekor per tahun. Ihwal harga sapi yang dikeluhkan peternak bukan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. "Kami hanya mengatur pengiriman sapi. Soal harga bergantung pada mekanisme pasar."

Sumber: tempo.co
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD