Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 17 Januari 2016

Pengadaan Pompa Air, Atasi Kekurangan Air

Waikabubak - Anggota DPRD Kabupaten Sumba Barat, Lukas Lebu Gallu, S.H, mengusulkan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian dan Hortikultura segera mengadakan pompa air untuk dibagikan kepada para petani yang memiliki lahan sawah sepanjang bantaran kali.
 
Dengan pompa tersebut dapat memanfaatkan air kali untuk mengairi sawah sehingga bisa menanam. Misalnya, para petani yang berada di sepanjang pinggiran kali Kadengar di Kecamatan Lamboya dan Lamboya Barat dapat memanfaatkan air kali Kadengar mengairi sawah sehingga bisa menanam. Hal yang sama juga berlaku bagi sebagian petani di Kecamatan Wanokaka. Ada air sungai yang mengalir sepanjang tahun, sayang belum dimanfaatkan maksimal karena ketiadaan pompa air.

Lukas mengatakan itu di Waikabubak, Jumat (15/1/2016). Menurutnya, saat ini petani belum sebar bibit padi karena hujan tidak ada. Sedangkan tanaman jagung rata-rata mulai tumbuh besar. Pemerintah harus proaktif mensiasati agar rakyat dapat menanam memanfaatkan air kali yang berlimpah di sepanjang Lamboya hingga ke laut.

Ia juga memperkirakan bila hujan terlambat turun sampai pertengahan Febuari 2016, maka tanaman jagung yang kini mulai tumbuh besar terancam mati. Apalagi daerah Lamboya berada di pesisir pantai selatan Sumba Barat yang terkenal iklim tropisnya. Untuk tanaman padi, para petani belum menanam sama sekali, karena hujan belum turun. Harapan agar secara dini, pemerintah perlu mempersiapkan langkah penanganan bencana kelaparan bila hujan benar-benar terlambat turun. (pet)

Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD