Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 05 September 2015

10 M Untuk Lampu Jalan Tenaga Surya Di Sumba

Pulau Sumba telah didapuk sebagai pionir yang mengandalkan seluruh kebutuhan energinya dari sumber energi terbarukan, melalui program Sumba Iconic Island. Karenanya, penerangan jalam umum pada saat petang pun memanfaatkan energi sinar matahari yang disimpan selama siang hari.
 
“Penerangan jalan umum cerdas off-grid (di luar jaringan) dengan menggunakan lampu LED merupakan bagian dari proyek percontohan konservasi energi, sekaligus sebagai satu kesatuan dari program Sumba Iconic island,” demikian lansir Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, dalam situs resminya, Jumat (4/9).

Sebanyak 480 penerangan jalan umum cerdas akan disebar di empat area di pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, mencakup Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Alokasi dana anggaran yang terpakai adalah sebesar Rp10 miliar.

Dalam pengawasan pekerjaan penerangan jalan umum cerdas itu, Pemerintah Daerah Sumba diharapkan dapat menunjuk penanggung jawab.

Berbagai sumber energi terbarukan dipilih sebagai sumber energi utama dan satu-satunya di Pulau Sumba dalam program Sumba Iconic Island.

“Cara ini ditempuh mengingat rasio elektrifikasi di Indonesia pada tahun 2014 masih 84,35%. Berarti masih ada 15,65% penduduk yang belum menikmati listrik,” ungkap laporan tersebut.

Sumber: Tambang.co.id
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD