Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 21 Agustus 2015

Memenuhi Syarat Mbilijora Dan Kitu Lolos

Waingapu - Kekhawatiran ada calon tunggal dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Sumba Timur tidak terbukti. Ketua KPU Sumba Timur, Ir. Robert Gana memastikan dua pasangan calon yang mendaftar di KPUD memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi peserta, selanjutnya dipilih masyarakat pada tanggal 9 Desember 2015.
 
Kedua pasangan calon dimaksud, yaitu Drs. Gidion Mbilijora, M.Si-Umbu Lili Pekuwali, ST, MT (paket GBY-ULP) dan dr. Matius Kitu, Sp.B-Pdt. Abraham Litinau, S.Th (paket MK-AL). Paket GBY-ULP diusung PDIP (4 kursi), Partai Demokrat (4) dan Partai Hanura (2), sementara paket MK-AL diusung Partai Gerindra (4), NasDem (4), PAN (3), PKPI (1), PPP dan PKB (non seat).

"Tidak mungkin satu paket. Keduanya memenuhi persyaratan. Tanggal 24 Agustus ditetapkan," tandas Robert Gana saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (18/8/2015).

Dikatakannya, pihaknya sudah melakukan verifikasi berkas dokumen persyaratan pencalonan dan syarat calon masing-masing bakal calon bupati dan wakil bupati.

Menurutnya, tidak ditemukan masalah.
Mengenai surat pengunduran diri bagi bakal calon yang berlatarbelakang PNS dan anggota DPRD, Robert Gana mengatakan, sudah ada surat pernyataan bersedia mundur yang disertakan pada saat pendaftaran pasangan calon.

"Saat pendaftaran, mereka sudah masukan surat pernyataan bersedia untuk mundur. Mereka masih punya waktu 60 hari terhitung sejak ditetapkan, untuk memproses keputusan pejabat berwenang terkait pemberhentian dari PNS atau anggota DPRD. Jadi, masih cukup waktu," ujarnya.

Sebelumnya, Umbu Lili Pekuwali menyatakan siap mundur dari PNS. Kepala Bagian Pembangunan Setda Sumba Timur, ini menyatakan sudah memasukkan surat pernyataan bersedia mundur saat pendaftaran dan memproses SK pemberhentikan dari PNS untuk diserahkan kepada KPUD sebagai syarat.

Hal senada disampaikan Abraham Litinau, bakal calon wakil bupati dari paket MK-AL. Politisi Partai Gerindra ini menyatakan siap berhenti dari keanggotaan DPRD Propinsi NTT.

Robert Gana menjelaskan, setelah penetapan pasangan calon, pada tanggal 26 Agustus akan dilaksanakan penarikan nomor urut. Selanjutnya tanggal 27 Agustus pembukaan kampanye.
Robert Gana menegaskan KPU Sumba Timur bekerja dengan berpegang pada regulasi.

"Ada anggapan/penilaian kami tidak netral, sudah terkontaminasi, itu hanya opini pihak-pihak tertentu. Pendapat mereka sah-sah saja. Sepanjang kerja diatas regulasi, kami tidak terpengaruh dengan hal-hal seperti itu. Kami kerja sesuai aturan," kata Robert Gana. (aca)


Sumber: Tribunnews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD