Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 21 Juli 2015

Kualitas Tenun Sumba, Sekelas Produk Jeans

Meski secara administratif gugusan-gugusan pulau di wilayah ini berada dalam satu pemerintahan namun tak berarti budayanya sama. Beraneka ragamnya suku, etnis, bahasa dan budaya di NTT menjadi alasan mengapa terdapat beragam motif tenun yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan daerah lain. Salah satunya adalah Tenun Ikat asal Sumba.  
Fidelis Tasmin Asmat salah satu pengusaha asal Sumba Timur menuturkan Tenun Ikat berupa sarung menjadi salah satu yang utama untuk dipamerkan dalam pameran-pameran. Produk utama yang kami tawarkan adalah sarung dari Sumba Timur, tetapi saya bawa juga kain dan sarung yang berasal dari Kodi, Sumba Barat, ungkap Fidelis.

Sekelas produk jeans Lea


Tidak banyak yang tahu Tenun Ikat asal Sumba ternyata memiliki kualitas setara dengan produsen jeans luar negeri, Lea. Fidelis menjelaskan proses indigo Tenun Ikat Sumba merupakan salah satu yang terunggul di Indonesia.

“Para peneliti dari Lea pernah meneliti proses indigo tenun Ikat Sumba. Mereka mendapati bahwa ternyata formula indigo dari proses penenunan sama dengan formula yang dipakai oleh Lea Jeans. Para peneliti dari Inggris itu sampai belajar proses pembuatan dari masyarakat kami yang tidak pernah sekolah. Mereka heran bagaimana masyarakat yang tidak berpendidikan bisa menciptakan proses indigo dengan kualitas dunia,” kata Fidelis.

Indigo atau yang lazim disebut ”Tom” ( indigofera ) sendiri adalah daun yang dimanfaatkan sebagai bahan pewarnaan pada textil dan serat Alam-bukan textil. Pewarnaan dengan jenis tanaman Indigofera ini telah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak beratus-ratus tahun silam. Untuk dapat memperoleh zat warna alam dari hasil fermentasi daun Indigofera ini harus melalui proses yang sangat panjang dan diperlukan waktu yang cukup lama.

Indigofera (Tom) adalah termasuk salah satu dari sekian banyak jenis pewarna yang ramah lingkungan. Gugus zat warna dipisahkan dari daun Tom dengan cara fermentasi, kemudian diendapkan sehingga akan menghasilkan suatu pasta Indigo, pasta tersebut yang kemudian dapat dipergunakan sebagai pewarna textil.

Sumber: Kontan
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD