Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 27 Juni 2015

Yohana Akan Tingkatkan Kompetensi Guru, Kepsek Dan Pengawas Di SBD

Kadis PPO SBD, Dra. Yohana Lingu Lango M.Si
Kupang - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Sumba Barat Daya (SBD) maka butuh kerja keras serta sinergi berbagai komponen pendidikan yang ada di kabupaten tersebut. Yohana Lingu Lango, yang baru saja menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten SBD, Selasa (23/6) lalu di Kupang saat menghadiri Rakor Kurikulum 2013, mengatakan, tiga komponen penting pendidikan yakni pengawas, kepala sekolah dan guru perlu mendapatkan perhatian serius dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di daerah SBD. 
Bukan hanya itu, perhatian terhadap, sarana dan prasarana serta kualitas dan mutu guru perlu ditingkatkan secara terus menerus dan bertahap.

Oleh karena itu, walau baru kurang lebih sebulan menjabat sebagai Kadis PPO di SBD, Yohana Lingu Lango, akan terus melakukan berbagai pembenahan mulai dari pendataan sampai pada aspek manejerial sekolah. Dia, mencontohkan, kepala adalah guru yang diberikan tugas tambahan itu, perlu memilik kompetensi lebih dari guru-guru sehingga memiliki tata kelola sekolah yang baik. Begitu pula pengawas perlu memiliki kompetensi lebih dari guru dan kepala sekolah dalam sebuhan gugus.

Namun, kenyataan yang terjadi di SBD, ujar Lingu Lango,banyak pengawas, kepala sekolah, maupun guru yang kompetensinya masih dibawah standar karena tidak pernah mengikuti berbagai pembekalan seperti diklat dan uji kompetensi.

"Banyak pengawas, kepala sekolah dan guru di SBD yang tidak dipersiapkan dengan baik untuk menjadi kepala sekolah atau pengawas sehingga kompetensinya masih belum begitu baik," ujar Lingu Lango yang pernah menjabat sebagai Kepala UPTD Taman Budaya NTT ini.

Sosok keratif dan inovatif yang semasa menjabat Kepala UPTD Taman Budaya menggelar berbagai kegiatan baik di tingkat nasional sampai internasional ini, mengatakan, untuk pembenahan, maka ke depan pihaknya akan melakukan tes kompetensi serta diklat untuk guru, kepala sekolah maupun pengawas bekerjasama dengan pemerintah daerah dan DPRD serta masyarakat.

Jenjang pendidikan yang bakal jadi perhatian serius adalah PAUD.
"PAUD ini penting diperhatikan karena merupakan fondasi dasar pendidikan anak. Pemerintah bekerjasama dengan berbagai komponen baik di daerah sampai pusat perlu kerjasama yang baik untuk membangun pendidikan mulai dari usia dini. Karena PAUD ini dasar untuk anak-anak melanjutkan ke jenjang selanjutnya," ujar Lingu Lango.

Dijelaskannya, untuk meningkatkan mutu penddidikan PAUD maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membentuka PAUD binaan khusus di setiap desa, yang selanjutnya akan menjadi PAUD contoh bagi PAUD lainnya. "Memang untuk bisa mencapai peningkatan mutu pendidikan maka bukan kerja yang singkat. Perlu bertahap dan berkelanjutan. Namun, butuh kerjasama atau sinergi dengan berbagai pihak yang memiliki komitmen kuat untuk membangun pendidikan mulai dari daerah," tutupnya. (onq)

Sumber: Timex
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD