Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 17 Juni 2015

Pilkada Sumba Timur Tanpa Calon Independen

Juru Bicara KPU Sumba Timur, Oktavianus Landi
Waingapu - Sampai hari terakhir jadwal penyerahan syarat dukungan, Senin (15/6/2015), pukul 16.00 Wita, tidak ada pasangan calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Timur. Dengan demikian dipastikan Pemilukada Sumba Timur tanpa calon independen.
 
Penyerahan syarat dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati dijadwalkan oleh KPUD mulai Kamis (11/6/2015).

"Dari hari pertama, kami bangun komunikasi personal dengan calon-calon yang berminat jalur perseorangan. Mereka bilang nanti pada hari terakhir baru serahkan syarat dukungan. Namun sampai dengan hari ini tidak ada yang menyerahkan syarat dukungan. Saya tidak tahu alasannya apa. Dengan demikian dipastikan pemilukada Sumba Timur tanpa calon independen," kata Juru Bicara KPU Sumba Timur, Oktavianus Landi, Senin sore.

Menurut Okta Landi, KPUD justru berharap pemilukada kali ini ada calon independen sehingga ada nuansa baru. Karena selama ini, setiap Pemilukada Sumba Timur tidak ada calon independen. "Maksudnya biar ada hal baru," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa dari hasil komunikasi dengan teman-teman komisioner di daerah lain di NTT yang menyelenggarakan pemilukada, ternyata ada calon independen yang menyerahkan syarat dukungan.

"Di kabupaten lain seperti Sumba Barat dan Sabu Raijua ada calon independen yang serahkan syarat dukungan. Sumba Timur tidak ada. Mungkin di Sumba Timur calonnya belum terlalu serius," katanya.

Selama ini, berkembang ada tiga pasangan yang meminati jalur perseorangan. Mereka adalah, Ir. Simson Tanto-Emanuel Babu Eha; Stepanus Makambombu-Heinrich D Dengi dan pasangan Drs. Gidion Mbilijora, M.Si- Umbu Lili Pekuwali.

Simson Tanto enggan menjelaskan alasannya tidak menyerahkan syarat dukungan kepada KPUD.

"Saya sedang bersiap mau ke Kupang, lalu ke Jawa. Ini dalam rangka semua," ujar Simson saat dihubungi Senin sore.

Pasangan Stepanus Makambombu-Heinrich D.Dengi tidak menyerahkan syarat dukungan ke KPUD oleh karena syarat dukungan yang diperoleh berjumlah 9.3.52 lembar KTP. Harusnya lebih dari 23.000 lembar KTP, sebagaimana disyaratkan undang-undang.

Calon incumbent, Gidion Mbilijora mengatakan tidak mendaftar lewat jalur perseorangan. "Kami tidak jadi lewat jalur perseorangan. Kami lewat partai. Masih terus berkomunikasi dengan Golkar, PDIP, Demokrat dan Hanura," kata Gidion singkat. (aca)

Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD