Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 29 Juni 2015

Pertanian Sumba Tengah Terkendala Irigasi Dan Sumber Mata Air

Waibakul - Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Sumba Tengah, Ir. Gabriel G Djurubalang, mengatakan, sudah saatnya petani menerapkan sistem intensifikasi padi sesuai kondisi persawahan Sumba Tengah. Dengan sentuhan teknologi pertanian dapat meningkatkan produksi petani.
 
Diakuinya, penerapan teknologi pertanian ini sudah berlangsung beberapa tahun, namun akibat keterbatasan sumber daya manusia petani menyebabkan belum semua petani mengikuti pola tani sesuai arahan penyuluh pertanian di setiap desa.

Karena itu, ia bertekad memberdayakan semua komponen masyarakat agar penerapan sistem intensifikasi pertanian berjalan lancar. Dengan demikian produksi petani padi terus meningkat.

Dia menyebut keunggulan penerapan teknologi pertanian, antara lain umur anak padi satu minggu sudah bisa ditanam dan cara menanam satu lubang satu anakan. Jika disertai pendampingan intensif, hasilnya memuaskan.

Misalnya, belum ini Bupati Sumba Tengah, Drs.Umbu Sappi Pateduk melakukan panen raya padi di Kampung Airoba, Desa Umbu Pabal Selatan, pada lahan seluas 20 ha. Rata-rata 1 ha memproduksi padi 9 ton. Bila penerapan teknologi ini sukses, Sumba Tengah bisa menjadi salah satu lumbung padi di Pulau Sumba.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/6/2015), Gabriel mengakui permasalahan yang dihadapi petani karena tidak memiliki irigasi yang baik karena tidak ada sumber mata air memadai. Petani hanya mengandalkan curah hujan.

Ia menambahkan, selama tahun 2014-2015, terjadi surplus panen padi di Sumba Tengah, dimana pada tahun 2014 memproduksi 23.000 ton dan tahun 2015 diprediksi produksi petani naik sekitar 15 persen. (pet)

Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD