Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 18 Juni 2015

Ikut Sidang Lanjutan, Kondisi Bupati Sumba Barat Lebih Sehat

Kupang - Bupati Sumba Barat, Jubilate Piter Pandango kembali hadir dalam persidangan lanjutan dugaan kasus korupsi pengadaan 158 sepeda motor di Kabupaten Sumba Barat yang dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Kupang, Rabu (17/6/2015).
 
Dalam sidang kali ini, tampak kondisi kesehatan Pandango yang sebelumnya masuk ruang sidang menggunakan tongkat, sudah dilepaskannya.

Bahkan kursi kecil yang biasanya disediakan untuk meletakkan salah satu kaki Pandango juga sudah tidak 'ikut masuk' ke ruang persidangan lagi.

Rabu (17/6/2015), Pandango sudah berada di Pengadilan Tipikor Kupang sekitar pukul 12:30 Wita.

Namun persidangan baru dimulai sekitar pukul 14:00 Wita, sehingga Pandango didampingi istrinya menanti persidangan di ruangan sidang kecil yang berada di bagian timur gedung Pengadilan Tipikor Kupang.

Dalam sidang yang dipimpin ketua majelis hakim, Ida Bagus Dwiyantara, SH., MH., didampingi dua anggotanya Anshori, SH., dan Khairilludin, SH, MH., dan menghadirkan Fiktor Kalibata yang adalah PejabatPembuat Komitmen (PPK) dalam kasus ini, dan juga dijerat sebagai terdakwa sebelumnya sehingga saat ini sudah menjadi terpidana dan ditahan di Lapas Kelas IIB Kupang.

Dalam kesaksiannya, Fiktor yang adalah kabag perlengkapan, Setda Kabupaten Sumba Barat, pada saat pengadaan 158 unit sepeda motor ini mengakui pada awal perencanaan pengadaan sepeda motor ini sebanyak 160 unit. Namun dalam penganggaran, anggaran dalam DPA hanya cukup untuk pengadaan sepeda motor sebanyak 25 unit.

Karena itu, saat dirinya ditunjuk menjadi PPK oleh Sekda Sumba Barat selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dirinya langsung membuat rencana umum pengadaan sementara (RUPS) kemudian dirinya diajak KPA untuk menemui Bupati Pandango.

Dalam pertemuan tersebut, Pandango memintanya untuk berkoordinasi dengan Kabid Keuangan pada Dinas Pendapatan, dan Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (PPKAD) agar diupayakan bisa diadakan sepeda motor sesuai dengan perencanaan awal.

Karena itu, Fiktor menjelaskan dirinya kemudian berkonsultasi dengan Kabid Keuangan PPKAD Sumba Barat, sehingga akhirnya diadakan 158 sepeda motor, dengan rincian 90 unit sepeda motor jenis Mega Pro, dan sisanya adalah sepeda motor Honda New Revo.

"Memang rencana awalnya 160 unit. Tetapi karena dana di DPA tidak cukup, sehingga hanya ada 25 unit. Setelah itu saya diajak oleh KPA bertemu terdakwa, sehingga mendapat disposisi untuk diadakan sesuai rencana, dan akhirnya jdi 158 unit, dengan menggunakan tambahan anggaran dari dana Silpa (sisa lebih penghitungan anggaran) tahun anggaran 2011," jelasnya.*


Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD