Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 17 Mei 2015

Tahun 2014 PAD Sumba Timur Naik 103,14 Persen

Waingapu - Pembangunan masyarakat dan daerah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur sebagai aktualisasi dari visi dan misi tergambar dalam Catur Program Pembangunan Generasi Ketiga. Ada empat program utama yang diprioritaskan. Sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2014 mengalami peningkatan 103,14 persen.
 
Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora Sabtu (16/5) kemarin mengungkapkan, empat program yang menjadi prioritas tersebut masing-masing, 1) Program peningkatan ekonomi rumah tangga yang bertujuan  meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan ekonomi dengan sasaran utama pertumbuhan ekonomi, peningkatan PDRB pendapatan per kapita, penurunan Indeks Ketimpangan, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia, pengembangan kawasan strategi dan cepat tumbuh dan peningkatan pengembangan program transmigrasi.

Disamping itu, program ini juga bertujuan untuk penguatan kelembagaan usaha ekonomi produktif dengan sasaran utama meningkatnya kapasitas lembaga koperasi, lembaga swakelola masyarakat, wirausaha, lembaga keuangan dan upaya peningkatan investasi. Program ini juga bertujuan untuk pengembangan agribisnis dengan sasaran utama pengembangan wirausaha, pertumbuhan PDRB sektor pertanian, pengembangan infrastruktur pertanian, peningkatan usaha pertanian.

2) Program peningkatan kualitas sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial budaya masyarakat dengan sasaran utama peningkatan angka melek huruf, angka rata-rata lama sekolah, angka partisipasi murni dan kasar dan angka pendidikan yang ditamatkan. Program ini juga bertujuan meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat dengan sasaran utama meningkatnya angka harapan hidup, menurunnya angka kematian ibu, bayi dan menurunnya prevelensi balita gizi buruk, perluasan pelayanan kesehatan dan peningkatan sarana dan prasarana kesehatan. Selain itu program ini juga bertujuan untuk peningkatan pengembangan seni budaya dan olahraga serta penanganan masalah-masalah kesejahteraan sosial.

3) Program peningkatan partisipasi masyarakat bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dengan sasaran utama pengembangan lembaga kemasyarakatan termasuk posyandu. Tujuan lain dari program ini adalah meningkatkan partisipasi angkatan kerja, penanggulangan bencana dan pengelolaan lingkungan hidup serta partisipasi politik dan hukum dalam pembangunan.

4) Program pembangunan hukum dan Hak Asasi Manusia bertujuan untuk mewujudkan rasa keadilan bagi masyarakat dengan sasaran utama peningkatan pemberdayaan perempuan, anak dan KB, berkurangnya pelanggaran norma ketenagakerjaan, meningkatnya pengembangan sistem kependudukan dan menurunnya angka kriminalitas. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah dengan sasaran utama tersusunnya semua dokumen perencanaan baik ditingkat kabupaten, kecamatan dan desa dalam skala jangka menengah dan tahunan. Tujuan lainnya adalah peningkatan fasilitas wilayah/infrastruktur dengan sasaran utama meningkatnya kapasitas dan kualitas jalan dan jembatan, air bersih dan akses perhubungan. Disamping itu, program ini juga bertujuan  meningkatkan kualitas aparatur dan tata kelola pemerintahan. Untuk PAD  yang terdiri dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah sebesar  Rp 62.609.245.757 atau 103,14 persen dari target sebesar Rp 60.706.015.159.

Mantan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Wakil Bupati Sumba Timur itu juga menjelaskan, jumlah penduduk Kabupaten Sumba Timur berdasarkan data pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumba Timur keadaan per 31 Desember 2014 mencapai 247.018 jiwa yang terdiri dari 126.982 jiwa penduduk laki-laki dan 120.036 jiwa penduduk perempuan dengan rata-rata tingkat kepadatan penduduk 35 jiwa per KM2.

Pertanian dan perkebunan imbuhnya merupakan  komoditas utama yang dikembangkan, di mana untuk pertanian adalah padi sawah, padi ladang, jagung, ubi kayu, ubi jalar dan kacang tanah, sedangkan tanaman perkebunan adalah kopi, vanili, jambu mente dan kakao.

Produktivitas padi atau bahan pangan utama lokal lainnya pada tahun 2014 mencapai 108.670 ton dengan luas lahan yang digarap seluas 35.724 hektare.

"Untuk peternakan yang menjadi salah satu sektor yang diandalkan untuk memberikan kontribusi bagi PAD. Berdasarkan data dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur, populasi ternak di Kabupaten Sumba Timur dapat diuraikan sebagai berikut, sapi 50.435 ekor, kerbau 34.469 ekor, kuda 29.336 ekor, kambing 52.132 ekor, domba 680 ekor dan babi 97.933 ekor. Sedangkan perikanan dan keluatan, produksi di tahun 2014 sebesar 11.921,1 ton dan rumput laut sebanyak 2.400,6 ton, dari hasil tersebut sebagian digunakan untuk bibit, konsumsi dan perdagangan antar pulau. Sedangkan sebagiannya diolah menjadi chips sebanyak 419,5 ton," paparnya.

Bupati Gidion menguraikan, potensi sektor  kehutanan, di mana luas Hutan Produksi Konversi    sebesar 48.949,18 hektare, luas taman nasional 65.314,94 hektare, luas hutan lindung 75.756,10 hektare, luas hutan produksi tetap 10.116,07 hektare, luas hutan produksi terbatas 37.694,64 hektare dan luas KHDTK 558,17 hektare.

"Untuk sektor pariwisata, Kabupaten Sumba Timur memiliki objek wisata sebanyak 35 buah yang terdiri dari objek wisata alam sebanyak 15 buah, wisata budaya sebanyak 13 buah dan wisata bahari sebanyak tujuh buah serta didukung oleh tujuh buah hotel dan restoran/rumah makan 62 buah," tandasnya seraya menambahkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumba Timur selama tiga tahun terakhir menurut data publikasi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumba Timur dapat dikemukakan, tahun 2011 tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 4,88 persen, tahun 2014 sebesar 5,04 persen, sedangkan di tahun 2013 mencapai 5,03 persen. (jun/ays)


Sumber: timorexpress
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD