Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 23 Mei 2015

Pelaku Perdagangan Orang Asal Sumba Ditangkap

Kupang - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah melakukan penangkapan terhadap tiga pelaku perdagangan orang di Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Penangkapan itu dibantu oleh tim Satuan Tugas Anti Trafficking Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Kepolisian Resor Sumba Barat.
 
“Bertempat di wilayah hukum Polres Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah, berdasarkan surat perintah penangkapan Nomor SP.kap/108-110 /V/2015 Reskrimum Polda Jawa Tengah, telah dilakukan penangkapan terhadap tiga orang tersangka perdagangan orang yakni Yuliana Jati (45) warga Sumba Tengah, Pelipus B Dama (54) warga Sumba Barat Daya dan Adriana Herlina Mawo, (44) warga Sumba Barat Daya,” kata Kepala Satuan Tugas Anti Trafficking Polda NTT, AKBP Cecep Ibrahim, Jumat (22/5).

Penangkapan itu, kata Cecep, adalah pengembangan dari kasus PT Graha Indrawahana Perkasa (GIP) yang ditangani oleh Polda Jawa Tengah terkait pengiriman 52 calon TKI ilegal di bawah umur.

Kepala cabang PT GIP Kupang, Budiarto, sudah ditahan di Polda Jawa Tengah. Cecep mengatakan, saat ini tiga orang pelaku sedang menjalani pemeriksaan kesehatan, dalam rangka pemindahan ke Polda Jawa Tengah. Para pelaku sementara dititipkan di Polres Sumba Barat sambil menunggu koordinasi selanjutnya.

Untuk diketahui, kasus ini mencuat setelah sejumlah TKW melarikan diri dari penampungan di Jalan Puri Anjasmoro Blok A-2 Nomor 29, karena diperlakukan tidak manusiawi. TKW yang melarikan diri itu sedianya akan diberangkatkan ke Malaysia oleh PT GIP.

Para TKW kemudian melapor ke Polsek Semarang Barat. Peran Adriana dan Yuliana yakni sebagai koordinator untuk mencari wanita yang ingin bekerja sebagai TKW, sedangkan Pelipus B Dama bertindak sebagai perekrut calon TKW dan mempersiapkan dokumen.

Sumber: kompas.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD