Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 06 April 2015

Blusukan Ke Sumba NTT, Menteri Susi Pesan Jaga Laut Sumba

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat berdialog bersama nelayan Di Dusun Dusun Hanggaroru, Kab. Sumba Timur, NTT Senin (6/4)
Waingapu - Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti hari ini senin (6/4) melakukan panen raya rumput laut di  Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menteri Susi bersama rombongan tiba di Dusun Hanggaroru, Desa Tana Manang, Kecamatan Pahunga Lodu, Sumba Timur sekitar pukul 12.30 Wita.

Saat blusukannya ke NTT ini, turun dari mobil Menteri Susi langsung berjalan menuju pinggir pantai yang menjadi lokasi pembudidayaan rumput laut, Menteri Susi kemudian terjun dan berenang bersama para petani rumput laut di lokasi itu

Saat berdialog bersama nelayan Di Dusun Hanggaroru, Susi menegaskan Indonesia harus memperkuat posisi sebagai salah satu produsen rumput laut terbesar di dunia dan meminta para nelayan dan segenap warga setempat untuk menjaga potensi ada.

"kota kecil yang jauh dari jakarta, ada potensi lautnya yg sangat luar biasa Tolong dijaga potensi laut kita," Ujar Susi.

Susi juga meminta para nelayan untuk menjaga ekosistem laut di Sumba. "Bapak2 juga harus jaga laut. Tdk bleh pakai bom, jangan buang sampah dan plastik ke laut," pesan Susi.

Susi mengungkapkan, Indonesia sebagai negara kepulauan dengan dua per tiga wilayahnya adalah lautan memiliki banyak kawasan yang sangat potensial untuk pengembangan budidaya rumput laut. Salah satu kawasan tersebut adalah Kabupaten Sumba Timur

Sejak ditetapkan sebagai kawasan minapolitan perikanan budidaya pada 2010, produksi rumput laut di daerah ini terus mengalami peningkatan. Di mana tahun lalu total produksinya mencapai 2.400 ton.

Kawasan Minapolitan Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Sumba Timur juga merupakan kawasan minapolitan yang meraih kategori atau peringkat A. Kawasan ini telah berhasil mengintegrasikan sistem usaha dari hulu sampai hilir yang meliputi sistem produksi, pengolahan, dan pemasaran dengan didukung sarana prasarana yang memadai seperti transportasi dan sarana produksi.

"Ini dapat dijadikan contoh daerah lain yang memiliki potensi yang sama dengan Kabupaten Sumba Timur", ujar Susi.

Awalnya, pada 2010 produksi rumput laut basah di Kecamatan Pahunga Lodu sebagai kawasan utama minapolitan hanya 439,9 ton. Kemudian meningkat tajam menjadi 1.560,4 ton pada 2014, atau rata-rata 40% per tahun.

Potensi lahan budidaya rumput laut di Kabupaten Sumba Timur sangat luas, yakni mencapai 15.069,4 ha. Selain itu cuaca di daerah ini juga mendukung untuk budidaya rumput laut, sehingga memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai komoditas unggulan daerah.

Menurut Susi, total produksi rumput laut nasional saat ini telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menurut data sementara KKP, produksi rumput laut nasional pada 2014 mencapai 10,2 juta ton.

Hal ini membuktikan bahwa rumput laut sangat bisa diandalkan sebagai sumber mata pencarian masyarakat pesisir. Selain karena cara budidayanya yang cukup mudah dan murah, pasarnya masih terbuka lebar.

Dengan kondisi ini, maka rumput laut memiliki posisi yang strategis dalam menopang perekonomian nasional melalui peningkatan penerimaan devisa negara sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan pembudidaya dan masyarakat sekitar lingkungan budidayanya.


Budidaya rumput laut merupakan budidaya yang selaras dengan tiga pilar pembangunan yang merupakan turunan dari Nawa Cita atau Visi Misi Presiden RI. Tiga pilar tersebut adalah Prosperity (Kesejahteraan), Sustainability (Keberlanjutan) dan Sovereignity (Kedaulatan). Selain itu, Budidaya rumput laut merupakan salah satu komoditas yang tidak menimbulkan pencemaran.

Sebabnya, tidak memerlukan pakan, obat atau vitamin. Bahkan rumput laut mampu menjaga lingkungan perairan agar tetap segar dan alami sehingga secara mendukung keberlanjutan usaha maupun lingkungan perairan sekitarya.
(bs)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD