Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 15 April 2015

Agar Sumber Air Lebih Dekat, Tim Ekpedisi NKRI 2015 Bantu Warga Tenateke


Tim Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 5 Sumba Barat Daya, NTT saat bekerja bersama masyarakat Tenateke membuat parit untuk penanaman pipa air
Tambolaka - Meskipun memiliki banyak sumber mata air, namun masih banyak  warga Tenateke, Kecamatan Wewewa  Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengkonsumsi  air hujan yang di tamping di bak PAH (penampungan air hujan). 


Hal inilah yang membuat  Tim Pengabdian Masyarakat  yang tergabung  dalam Tim Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 5 Sumba Barat Daya berusaha menjawab kebutuhan masyarakat tersebut dengan  membangun  penampungan dan pemasangan pipa air sepanjang 4,5 km.


“Ada permintaan dari masyarakat Tenateke kepada Tim Ekspedisi NKRI 2015 khususnya Tim Pengabdian Masyarakat untuk membantu menggerakkan masyarakat dalam rangka pelaksanaan kegiatan penampungan dan pemasangan pipa air.  Desa ini di beri bantuan oleh pemerintah hanya materialnya saja namun untuk modal kerja dari warga itu sendiri oleh sebab itu kami membantu dalam pelaksanaan pekerjaanya”,  Kata Ipda Pol. Anton Sujarwo, koordinator Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 5 Sumba Barat Daya. 


Anton menjelaskan, Pembangunan ini untuk menyalurkan air bersih dari mata air yang berada di bukit waekaka menuju rumah-rumah  warga . Dalam kegiatan ini masyarakat yang bekerjasama dengan Tim Ekspedisi NKRI di bantu aparat setempat dan mahasiswa STKIP Waitabula yang melakukan KKN di daerah tersebut. 

Tim Ekspedisi NKRI 2015 Subkorwil 5 Sumba Barat Daya  bersama warga Tenateke

Proses pembangunan pertama-tama membuat parit sedalam 30 cm untuk penanaman pipa. Langkah selanjutnya  membuat bak induk untuk penampungan air dari sumber mata air sebelum di alirkan ke pipa-pipa yang menuju warga. Tim Ekspedisi NKRI membantu selama 3 minggu dari Minggu ke dua Maret sampai April 2015, Lanjut Anton.


Salah satu warga Tenateke, Oscar Waladata mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI 2015 untuk dapat menyalurkan air bersih dari mata air waekaka. Namun Oscar mengeluhkan kurangnya peralatan membuat pekerjaan ini belum bisa dilanjutkan. 


”Pekerjaan belum bisa dilanjutkan, soalnya alat yang di gunakan untuk Press pipa belum ada” keluh Oscar yang juga ditunjuk menjadi pengontrol keamanan pipa setelah pembangunan selesai.


Sementara itu  Khutamy mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang menjadi  anggota Tim Pengabdian Masyarakatjadi  Ekspedisi NKRI 2015 mengaku senang dapat membantu masyarakat di Tenateke lewat Ekspedisi NKRI ini.  Menurut Khutamy warga tenateke biasanya hanya memanfaatkan air hujan yang di tampung menggunakan bak yang di bangun sendiri di rumah dan itu biasanya hanya untuk keperluan mandi dan mencuci.  Untuk minum barulah warga mengambil dari sumber mata air denganmenggunakan jerigen. Desa Tenateke memang masih kesulitan air bersih namun  bukan karena tidak adanya air, tetapi  sumber mata air yang banyak tidak di barengi dengan pendistribusian yang baik.


“Di sana itu banyak sumber mata air, tapi distribusi tidak merata. Jadi warga berinisiatif swadaya untuk membangun bak penampungan air dari sumber mata air untuk kemudian di distribusikan ke rumah yang jauh dari sumber mata air.” Kata khutami (snd)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD