Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 06 Maret 2015

Tuntaskan Kasus Bupati Sumba Barat, Dua Jaksa Dikirim Ke Waikabubak

Gasper Kase, Asisten Tipidsus Kejati NTT
Kupang - Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT menugaskan dua orang jaksa ke Kejari Waikabubak, untuk membantu menuntaskan perkara dugaan korupsi pengadaan 158 unit sepeda motor dengan tersangka Bupati Sumba Barat (Sumbar), Jubilate Pieter Pandango.
 
Hal ini diungkapkan Asisten Tipidsus Kejati NTT, Gasper Kase, saat beraudiens dengan aktivis Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Sumba di ruang kerjanya, Rabu (4/3) pagi.

Gasper mengatakan, dua jaksa itu akan bertindak langsung sebagai jaksa penuntut umum (JPU), yang akan meneliti dan merampungkan berkas perkara tersangka, hingga dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang.

"JPU segera rampungkan berkas perkara ini, dan limpahkan ke pengadilan,”jelas mantan Asisten Intelijen Kejati Maluku Utara itu.

Dijelaskan, Bupati Jubilate telah diperiksa sebagai tersangka perkara dugaan korupsi yang diduga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 285.601.509.

"Bupatinya sudah diperiksa sebagai tersangka, dan kita sedang pemberkasan, kemudian akan ditindaklanjuti dengan penyerahan tahap satu dan dua, seterusnya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor. Segera kita tahan bupatinya," kata Gasper.

Dalam perkara ini, kata Gasper, Jubilate ditetapkan sebagai tersangka yang kelima, setelah melalui tahapan ekspos di Kejaksaan Agung (Kejagung). Tersangka sebelumnya, Tan Jemmy Tanujaya, Melkisedek Triwaluyo Jati Ara, Fandy Tjiang, dan Viktor Kali Batu, kini berstatus terpidana.

Koordinator Umum KAPAK Sumba, Titus T. Molu yang didampingi Korlap, Nimrod Galla, mendesak Kajati NTT agar memerintahkan Kejari Waikabubak agar transparan dalam proses hukum, dan segera merampungkan penyidikan, sehingga tersangka cepat disidangkan. Lebih detail mengenai kronologi kasus ini, bisa dilihat di tabel.

Berdasarkan fakta dari berbagai sumber, Jubilate diduga mengambil kebijakan tanpa meminta persetujuan DPRD. Padahal, pengadaan motor bukanlah sesuatu yang darurat, sehingga dengan kewenangan bupati dapat mengambil kebijakan tersebut.

Bahkan, Jubilate diduga membuat catatan disposisi yang berisi penunjukan langsung kegiatan itu kepada Fandy Tjiang selaku pemilik PT. Surya Baru Sejahtera. Dan, atas perintah dan hasil konsultasi dengan Bupati, pada Januari 2012, Maxi Nangge, selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), membuat rencana umum pengadaan barang dan jasa Setda Kabupaten Sumba Barat, yang di dalamnya termasuk pengadaan sepeda motor. (joo/boy)

Sumber: Timex
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD