Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 24 Maret 2015

Tambang Emas Di Sumba Ancam Kehidupan Masyarakat Sumba

JAKARTA (HN) - Komunitas masyarakat adat yang ada di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) sedang dihadapkan dengan kasus pengelolaan sumber daya alam di wilayahnya.

Menurut Apolos Dewa Praingu selaku Konstituen Kamar Masyarakat DKN dari Regio Bali dan Nusa Tenggara, terdapat kegiatan eksplorasi dan eksploitasi tambang di tiga pegunungan utama di Pulau Sumba, yakni pegunungan Wanggameti, Tana Daru, dan Yawilla oleh PT. Fathi Resource.
"Sumba adalah salah satu pulau besar di NTT dengan jumlah penduduk kurang lebih ada 800 ribu jiwa. Semua orang di sana ini bergantung pada sumber daya hutan, tapi sekarang masyarakat Sumba sedang dihadapi keterancaman di wilayah kehidupan mereka karena kasus tiga pegunungan itu," paparnya di Jakarta, Kamis (12/3).

Menurut Apolos, ketiga pegunungan tersebut merupakan kawasan hutan lindung dan daerah tangkapan air sekaligus kawasan hutan yang berfungsi sebagai hidrologis.

"Dengan adanya kegiatan eksplorasi tambang emas di sana maka masyarakat Sumba akan dihadapkan dengan berbagai ancaman seperti kekeringan, kehilangan lahan pertanian, dan peternakan," katanya lagi.

Apolos juga mempertanyakan mengapa pemerintah menjual wilayah kehidupan masyarakat Sumba untuk kepentingan tambang emas. Faktanya, hadirnya tambang emas bukan membuat masyarakat adat sejahtera, namun membuatnya semakin terpinggirkan.

"Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan dan harus dihentikan oleh negara karena kalau terus dibiarkan sama saja negara membiarkan rakyat di sana menanggung penderitaan. Ini sama saja negara sedang merajut kemiskinan bukan kesejahteraan," tandasnya.


Sumber: harnas.co
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD