Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 17 Maret 2015

Pilkada Sumba Timur: Maju Calon Bupati. Matius Kitu Gelar Pertemuan Gedung MPL

dr. Matius Kitu
Waingapu - Wakil Bupati Sumba Timur, Matius Kitu mengakui jika tidak ada keinginan pribadinya maju sebagai calon bupati pada pemilukada tahun ini. Keputusan tersebut diambilnya setelah melalui pergumulan dengan Tuhan.

Sementara mantan Bupati Sumba Timur, Lapoe Moekoe menegaskan, jika wilayah tersebut sudah sangat maju melalui berbagai gebrakan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah jika dibandingkan 37 tahun lalu.

Dihadapan sekira 1.500 warga yang menghadiri acara pertemuan keluarga bertemam Satu Hati Satu Langkah Membangun Sumba Timur yang  digelar di gedung  MPL Pendeta Hapu Mbay kompleks Gereja Kristen Sumba (GKS) Payeti, Sabtu (14/3) itu, Matius Kitu mengungkapkan, sebelum ia diminta istri, anak dan  keluarganya serta masyarakat untuk maju sebagai calon bupati Sumba Timur, ia terlebih dahulu sudah menyatakan diri kepada Tuhan.

"Dalam perjalanan saya sampai menjabat Wakil Bupati Sumba Timur saat ini, saya kembali diminta sebagai calon bupati Sumba Timur. Jujur saja, saya sebenarnya belum berpikir kearah sana. Saya pikir, habis ini selesai sudah tetapi Tuhan ternyata mempunyai rencana lain. Bersama istri, anak-anak dan keluarga kita bergumul untuk mencari Tuhan. Beberapa saat kemudian, masyarakat datang dan meminta saya untuk maju sebagai calon bupati. Kami juga tidak tahu tetapi kami sadari bahwa yang datang tersebut apakah karena ada gerakan dari Tuhan untuk disuruh maju tapi saya belum percaya, namun karena sudah ada kesepakatan dari istri dan anak-anak saya, terpaksa saya maju sudah," paparnya dengan polos.

Berbekal dukungan tersebut, Matius kemudian mengajak masyarakat untuk  membangun Sumba Timur.  "Saya berpikir dengan adanya dukungan ini, mari sudah kita membangun Sumba Timur untuk mensejahterakan daerah dan masyarakat. Artinya jika masyarakat perutnya kenyang, otaknya pintar dan kantongnya penuh, itu artinya pendapatannya sudah cukup dan dinamakan sejahtera serta ditambah dengan takut akan Tuhan dan menjauhkan diri dari kejahatan," imbuhnya seraya mengakui, sejak SD hingga SMA, ia bersekolah dengan gratis.

Bahkan ketika mengikuti testing penerimaan calon mahasiswa kedokteran, ia juga banyak dibantu oleh Lapoe Moekoe, pamannya yang menjabat Bupati Sumba Timur ketika itu.

Seperti Matius, Lapoe Moekoe juga mengajak masyarakat membangun Sumba Timur dengan semangat baru dan meninggalkan cara lama. "Dengan berakhirnya masa jabatan pak Matius Kitu sebagai Wakil Bupati Sumba Timur, di era pembangunan ini, mari kita tinggalkan cara lama dan kita mulai dengan cara yang baru untuk membangun daerah ini yang kita cintai. Dulu kita mau kerja jalan saja  bergotong royong dan uangnya tidak ada. Jadi waktu itu apa yang kita bisa buat. Kita hanya bisa mengajak rakyat untuk mulai membangun Sumba Timur. Kalau saya pergi cek pembangunan itu, saya bilang saya sebagai pemerintah akan mengerjakannya. Cukup saya hanya menyediakan sarana dan prasarananya sementara rakyat saya minta untuk melaksanakan pembangunan. Prinsipnya, untuk membangun diri kita tidak bisa mengandalkan orang lain tetapi harus dilakukan oleh kita sendiri termasuk daerah ini," ujarnya.

Menurut Lapoe Moekoe, setelah 37 tahun berlalu, ia melihat sudah banyak kemajuan yang dialami Sumba Timur melalui berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. "Siapa yang bilang Sumba Timur ini tidak maju. Yang bilang Sumba Timur tidak maju itu omong kosong. Saya melihat sendiri perubahan dari 37 tahun lalu. Jika sekarang bahwa kita masih berada di deretan belakang secara nasional itu kita akui. Saya sudah tua dan mungkin sebentar lagi juga sudah mati, tetapi titipan saya kepada masyarakat Sumba Timur agar mari bersama-sama kita mendukung pak Matius Kitu, sehingga terpilih sebagai bupati Sumba Timur demi pembangunan di daerah ini. Ia masih muda dan bertenaga untuk menjalankan fungsi dan tugasnya di  berbagai bidang pembangunan yang ada," ajaknya. (jun/ays)

Sumber: timorexpress
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD