Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 18 Maret 2015

Kasus Anakan Kelapa di Sumba Barat, 13 Kades Di Periksa di Kupang

kepala desa/lurah dari Kabupaten Sumba Barat saat diperiksa di Penagdilan Tipikor Kupang, Senin (16/3/2015).
Kupang - 13 orang Kepala Desa/Lurah dari Kabupaten Sumba Barat (Sumbar), NTT diperiksa secara marathon di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, Senin (16/3/2015). Mereka diperiksa dalam kasus korupsi pengadaan 150.000 anakan kelapa di Sumbar tahun 2012 yang menelan anggaran Rp 2.2 miliar.
 
Sidang dengan agenda pemeriksaan saksi ini dipimpin majelis hakim ketua, Ida Bagus Dwiyantara, S.H.M.Hum dengan anggota Jult M Lumban Gaol, Ak dan Ansyori Syaefudin, S.H.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Waikabubak, Didit A Nugroho, S.H. Sementara terdakwa dalam kasus ini Kepala Dinas Pertanian Sumbar, Ir. Melanton Umbu Sulung didampingi, Helio Ximens, S.H dan Yan Koroh, S.H selaku Penasehat Hukum.

Para saksi yang diperiksa adalah, Anderias U Lele,Yeremias Lede Munde,Umbu Duang Maga Maupadji, Dorkas T Wini, Markus Umbu Deta, Mori Uma Kala, Markus Gawi Loku, Nono Bol, Kedu Talo, Dimu Lingu, Gerson Ng Kabata Lero, Titus Tadu Bili dan Timotius Duka Para.

Ketika menjawab pertanyaan JPU Didit, para kepala desa dan lurah mengakui, menerima anakan bervariasi jumlahnya dan ada yang menerima pada Desember 2012 bahkan ada juga yang menerima pada awal tahun 2013.

Dalam fakta persidangan terungkap pula ada, kepala desa/lurah yang menerima di lokasi atau lahan, ada juga yang menerima di kantor desa atau kantor lurah. Mereka menerima anakan kelapa rata-rata sebanyak dua truk hingga empat untuk satu desa atau kelurahan. Untuk mengangkutnya, satu truk biasanya membawa 500 anakan kelapa.

Untuk diketahui, dalam kasus ini, Kejari Waikabubak telah menetapkan tiga tersangka lebih dahulu, masing-masing Korinus Kotto (Direktur Utama CV. Trio Farming) Yulius Mesa Woleka selaku PPK dan Ruslan Abdul Gani selaku panitia pemeriksaan hasil pekerjaan (PPHP).

Sementara Melanton Umbu Sulung adalah tersangka keempat dalam kasus ini. Melanton juga didakwa turut terlibat dalam kasus proyek pengadaan 150.000 anakan kelapa dengan nilai proyek Rp 2.250.000.000 atau Rp 2.2 miliar pada Distan Sumba Barat tahun 2012. (yel)

Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD