Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 11 Februari 2015

Warga Sumba Bakal Pake Mobil Tenaga Surya

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyiapkan anggaran khusus tahun 2015 ini dalam proyek percontohan mobil listrik berbasis surya di Pulau Sumba. Anggaran dananya, mencapai Rp27 miliar.
 
Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana di Jakarta, Rabu (11/02/2015) memaparkan, jumlah mobil yang akan dihibahkan menjadi angkutan umum itu mencapai 20-25 unit dengan ukuran mini bus dan mampu menampung 12 orang.

"Ukuran mobil seperti mini bus travel Bandung-Ciamis. Kami siapkan anggaran untuk di tahun ini dan jadi proyek percontohan di Pulau Sumba," ujar Rida.

Ia menjabarkan, pemilihan Pulau Sumba menjadi sasaran proyek lantaran daerah itu telah menjadi salah satu Iconic Island untuk energi baru terbarukan (EBT).

Sementara itu, berdasarkan hasil survei 2009-2010 antara Kementerian ESDM, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan institusi dari Belanda, beberapa daerah memiliki potensi dikembangkan EBT secara maksimum.

"Tepilihlah Sumba, satu karena potensi EBT-nya banyak, seperi surya, PLTMH angin, kebetulan juga di sana rasio elktrifikasinya masih kecil. Penduduknya waktu itu cuma 660 kecil komunal, ditambah pemda responsif kita ngapain maksain pemerintah pusat kalau pemdanya cuek-cuekan," tutur dia.

Ia lantas memaparkan, mobil yang dihibahkan berbeda dengan mobil listrik umumnya, karena mobil mengisi daya melalui panas matahari.

"Kami mulai di sana nyobain mobil listrik bukan pakai listrik ya, jadi baterai mobilnya tapi kalau ujung-ujungnya pakai listrik juga percuma, ini pakai surya. Baterai di-charge dengan surya, untuk angkutan umum nanti diserahkan ke Pemda," kata dia.

ke stop kontak kendati menggunakan listrik sebagai sumber tenaga.

Mobil yang bakal jadi angkutan umum itu, menggunakan cahaya matahari yang diubah menjadi tenaga listrik yang disimpan dalam baterai.

"Pulau ini kita kembangkan untuk contoh pemanfaatan energi baru terbarukan secara optimum," ujarnya.

Bahkan di pulau ini, juga ada negara-negara lain yang juga menyatakan minatnya untuk mengembangkan potensi EBT, antara lain Amerika dan Denmark.

Kini, program tersebut sedang diajukan oleh Direktorat EBTKE Kementerian ESDM yang tengah diusulkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015.


Sumber: Inilah.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD