Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 26 Februari 2015

Perairan Sumba, NTT Di Pantau Jelang Ekseskusi Mati Dua Terpidana Kasus Narkotika

Sukhoi su-35
Mataram - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengakui, patroli pesawat tempur Sukhoi kemarin merupakan bagian dari upaya pengamanan terkait rencana eksekusi mati dua warga negara Australia. Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Banguntoro mengatakan, TNI memang bersiaga atas segala kemungkinan kerawanan seputar pelaksanaan eksekusi terhadap Myuran Sukumaran dan Andrew Chan yang populer disebut Bali Nine.
 
Menurut dia, sejumlah armada tempur udara dan laut diperintahkan memantau wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan perbatasan dengan Australia. Pesawat tempur Sukhoi bahkan sempat mengitari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan, Denpasar, Bali, tempat dua terpidana mati itu menjalani hukuman.

"Untuk pengamanan, semua sudah disiapkan, semua solusinya sudah ada. Patroli laut, kemudian patroli udara. Seperti kemarin, ada Sukhoi yang kami patrolikan untuk memantau situasi," ujarnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis, (26/02)

Dia menolak spekulasi apa pun tentang hubungan Indonesia dengan Australia menyusul pelaksanaan eksekusi mati. Sebab hal itu adalah kewenangan pemerintah. TNI hanya bertugas dalam hal pengamanan demi menjamin kelancaran pelaksanaan hukuman atas dua terpidana mati kasus narkotika itu.

"Adanya ancaman atau tidak dari Australia, kita (TNI) siap saja," kata Pangdam usai menghadiri serah terima jabatan Komandan Komando Resor Militer/162 Wirabhakti.

Kemarin, (25/02) pesawat Sukhoi tipe SU-30MKI kembali mengudara. Tiga jet tempur ini berlatih di udara wilayah Selat Sumba hingga perbatasan wilayah selatan dekat Australia, dan di atas lapas Kerobokan, Denpasar.

Ketiga pesawat masing-masing TS-3004, TS-3003 dan TS-3007 mengudara secara terpisah membagi tiga wilayah. Beda dengan latihan sebelumnya, mereka beriringan bersamaan memantau wilayah perairan perbatasan Indonesia-Australia di bagian selatan Pulau Bali.

Kali ini, masing-masing ditunjukkan arah yang berbeda. Satu sukhoi khusus mengarah ke Selat Sumba NTT, satunya ke perairan luat wilayah selatan dan satu sukhoi ke laut barat Pulau Bali, hingga melintasi atas Lapas Kelas II A Kerobokan, Denpasar tempat 'duo Bali Nine' diisolasi, jelang keberangkatannya ke Nusakambangan, Cilacap.

Sumber: viva/hetanews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD