Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 14 Februari 2015

Pemprov NTT Akan Siapkan Penjabat Bupati Untuk Sumba Barat dan Sumba Timur

Kupang - penjabat bupati atau pelaksana tugas sementara di Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Timur  disiapkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur karena masa jabatan dua bupati di provinsi tersebut akan berakhir pada 2015. hal tersebut disampaikan Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemerintah Provinsi NTT Silvester Banfatin Senin, 19 Januari 2015.
 
Menurutnya, ada delapan bupati di NTT yang akan mengakhiri masa jabatan mereka pada 2015, yakni Bupati Sumba Timur, Bupati Sumba Barat, Bupati Belu, Bupati Malaka, Bupati Ngada, Bupati Manggarai, Bupati Manggarai Barat dan Bupati Timor Tengah Utara. "Dari delapan kabupaten itu, sudah dua kabupaten yang dipimpin penjabat bupati, yakni Belu dan Malaka," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah masih menunggu keputusan pemerintah pusat ihwal kepastian dasar hukum pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Namun, dia belum bisa memastikan bahwa enam kabupaten lain juga akan dipimpin penjabat bupati karena pihaknya masih menunggu jadwal pilkada di enam kabupaten ini. "Kami tunggu jadwal dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan keputusan pemerintah pusat," katanya.

Dia menambahkan, jika akhir masa jabatan bupati sesuai dengan jadwal pelaksanaan pilkada oleh KPU, penjabat bupati tidak diperlukan. Namun, jika tidak sesuai, Pemerintah Provinsi harus mengangkat penjabat bupati.

Juru bicara KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe, memastikan delapan kabupaten di NTT itu akan memiliki penjabat bupati karena masa jabatan bupatinya berakhir sebelum pelaksanaan pemilu kepala daerah. "Pilkada baru akan diselenggarakan serentak pada Desember 2015," katanya.

Masa jabatan bupati Sumba Barat dan Sumba Timur akan berakhir pada Agustus 2015, sehingga dipastikan memiliki penjabat," katanya.

Tahapan pilkada serentak, menurut dia, akan selesai pada Februari 2016, sehingga pelantikan bupati baru akan dilakukan pada bulan itu. "Jika pilkada berjalan satu putaran. Jika dua putaran, pelantikan pada April 2016," katanya

Sumber: tempo.co
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD