Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 04 Februari 2015

Guru dan Dokter Cilik Di Sumba Barat Akan Dilatih PHBS

Jakarta - Pengetahuan anak-anak soal kebersihan dan kesehatan di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Masih minim. Hal ini disampaikan Tasman Muda dari Save The Children, di Jakarta, Selasa.
 
Menurut Tasman, pihaknya menemukan hal yang lebih miris lagi. Menurut dia, baru sekitar 18 persen anak-anak di sekolah dasar yang paham bagaimana mencegah diare, lalu 24 persen dari mereka yang tahu tentang kapan dan cara mencuci tangan yang benar.

Mengetahui hal ini, kata Tasman, pihaknya bekerjasama dengan salah satu perusahaan penyedia kebutuhan konsumen, terlibat dalam proyek yang bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan di Sumba Barat.

"Kami akan membangun fasilitas sanitasi di sekolah-sekolah, lalu pelatihan pada guru-guru soal Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pelatihan dokter cilik soal PHBS," katanya.

Tasman mengatakan, Lebih dari 49 persen sekolah dasar di wilayah Sumba Barat, kurang fasilitas kebersihan.

"Tahun 2014, kami membuat studi awal untuk melihat kondisi sanitasi, pendidikan, partisipasi masyarakat khususnya di Sumba Barat. Dari sisi sanitasi, sebanyak 51 persen sekolah dasar (SD) mempunyai akses sanitasi yang baik. Sementara sisanya, 49 persen masih membutuhkan bantuan," ungkapnya

Kemudian, lanjut Tasman, baru sekitar 66 persen sekolah dasar di Sumba Barat yang memiliki akses ke air bersih. "Dan hanya 51 persen sekolah yang memiliki fasilitas jamban sekolah di Kabupaten Sumba Barat," katanya.

Di samping itu, lanjut dia, pihaknya juga akan mempromosikan kebersihan di kalangan anak-anak sekolah dasar dan mengajarkan cara mencuci tangan di sela kegiatan sekolah. Lalu, mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Barat memperkuat pengelolaan program-program kesehatannya.


Sumber: republika
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD