Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 19 Desember 2014

Sumba Harus Siap Jadi Destinasi Pariwisata Baru Pasca Film Pendekar Tongkat Emas Tayang

Salah satu pantai di Sumba yang jadi lokasi shooting film pendekar tongkat emas
Lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas sudah menjadi objek wisata baru bagi penduduk di Sumba Ketika Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, terpilih menjadi lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas, Mira Lesmana langsung memikirkan dampaknya terhadap geliat pariwisata di sana. Bukan apa-apa. Sebab, tujuan Mira membuat Pendekar Tongkat Emas yang berbujet Rp 24 miliar ini memang bukan untuk menjadikan Sumba sebagai daerah wisata.
 
Akan tetapi, ia justru khawatir film terbarunya itu akan menimbulkan masalah sosial yang baru terkait pariwisata di sana. Produser dari Miles Films ini pun langsung menjalin komunikasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan pemerintah daerah (pemda) setempat untuk memberikan peringatan dari dampak pariwisata yang mungkin akan ditimbulkan Pendekar Tongkat Emas.

"Sebenarnya dampak itu saja sudah terjadi di daerah tersebut. Ketika kita syuting di Sumba Timur itu, kan ada kotanya, Waingapu. Tempat-tempat kita syuting itu banyak tidak diketahui oleh warga Waingapu. Jadi ketika kita syuting, langsung jadi tempat pariwisata bagi warga kota dan setempat," ungkap Mira pada beberapa waktu lalu di Cikini, Jakarta Pusat.


Menurut Mira, pariwisata dan dampaknya akan berbahaya jika pemda di Sumba tidak siap. "Karena tiba-tiba, ketika saya balik misalnya, sampah terlihat di mana-mana. Hal-hal seperti itu yang buat kita malah feel guilty," lanjutnya.

Bukan sekali ini saja Mira membuat film di lokasi pelosok Indonesia yang indah tapi tak diketahui orang. Sebelumnya pada tahun 2008, ia memproduseri film Laskar Pelangi dengan sutradara Riri Riza. Film adaptasi novel laris itu tak cuma sukses memikat lebih dari empat juta penonton, tapi juga membuat Belitung jadi lokasi pariwisata favorit baru hingga sekarang.

Perekonomian masyarakat akibat pariwisata di sana pun menanjak. Padahal, hal ini tidak direncanakan oleh Mira. Saat ia membuat Laskar Pelangi, tujuannya bukan untuk mempromosikan daerah Bangka Belitung.

"Tugas kita kan sebenarnya bercerita, mencoba menjadikan apapun tempat yang kita buat film itu sesuai dengan cerita kita. Sudah banyak bukti bahwa saat sebuah tempat digunakan untuk film dan ketika ceritanya muncul dan dekat dengan penontonnya, ketertarikan terhadap daerah itu akan muncul. Itu pasti. Saya melihat film Jepang misalnya, saya jadi pengen melihat apa yang terjadi di Jepang," lanjutnya.

Karena itu, Mira tak setuju tentang membuat film fiksi dengan tujuan untuk meningkatkan geliat pariwisata di daerah tertentu. Sebab, baginya, membuat film adalah perihal menceritakan tentang kisah-kisah manusia. Walau begitu, Mira mengaku kerap didatangi pejabat-pejabat dari daerah yang mengajak bekerja sama untuk membuat film demi mendongkrak industri pariwisata setempat.

"Bupati-bupati banyak sih yang datang untuk minta bikinin film, malah duitnya udah ada. Ramai banget, tapi bukan begitu seharusnya. Bahaya sekali," kata Mira.

Film Pendekar Tongkat Emas sendiri seluruhnya berlokasi di Pulau Sumba tepatnya Kabupaten Sumba Timur untuk memunculkan dunia antah-berantah persilatan. Kisahnya tentang Cempaka yang menguasai senjata dan jurus mematikan, Tongkat Emas. Pengkhianatan lalu menyebabkan Tongkat Emas jatuh ke tangan yang salah. Satu-satunya orang yang bisa menyelesaikan masalah ini adalah Pendekar Naga Putih.

Pendekar Tongkat Emas garapan Ifa Isfansyah ini dibintangi oleh Nicholas Saputra, Eva Celia, Reza Rahadian, Tara Basro, Christine Hakim, Slamet Rahardjo Jarot, Landung Simatupang, Prisia Nasution, Whany Darmawan, dan Darius Sinathrya. Pendekar Tongkat Emas sudah dirilis pada Rabu, 18 Desember.

Sumber:
muvila
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD