Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 27 November 2014

Tenun Ikat Sumba Berjaya Di Insert Award 2014


Host acara Insert Award 2014 dengan balutan tenun Sumba
Jakarta - Kekayaan Tenun ikat dari pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berjaya dalam acara yang disiarkan secara langsung Rabu 27 November 2014 malam.

Award yang sekaligus merayaan ulang tahun ke-11 program Insert Trans TV ini mengambil tema 'Iconic'. Menariknya Para host Insert, seperti Indra Herlambang,Fenita Arie, Astrid Tiar, Ananda Omesh, Addry Danuatmadja tampil memukau dengan balutan busana tenunan Sumba yang dimodifikasi.

Tidak hanya para host, Anjasmara saat menerima  penghargaan Celebrity With Healty Lifestyle tampil dengan menggunakan jas modifikasi tenun ikat Sumba.

Kain tenun Sumba memang mempunyai keunikan sendiri, mulai dari proses persiapan bahannya, kain sumba menggunakan bahan-bahan alami,  untuk pewarnaan kain tenun sumba menggunakan berbagai daun dan akar-akaran, karena dengan warna alami ini kain tenun sumba warnanya semakin lama semakin bagus tidak pudar. Pembuatan kain tenun sumba ini diwarisi secara turun-menurun dari nenek moyang.

Kain tenunan sumba yang di gunakan di acara insert award trans TV didominasi oleh tenunan dengan pewarna alami. Umumnya, bahan pewarna alami diperolah dari tumbuhan yang ada di Sumba. Zat pewarna biru (kawaru) dibuat dari daun woru atau nila atau tarum (Indigo tinctoria). Adapun zat pewarna merah diperoleh dari akar kombu atau pohon mengkudu (Morinda citrifolia). Zat pewarna hitam diperoleh dari penggunaan lumpur.

Harga kain Sumba dibedakan menurut jenis pewarna yang digunakan. Untuk kain Sumba yang menggunakan pewarna sintetis, dikerjakan selama 5-6 bulan, harganya Rp 500.000-Rp 1 juta. Sementara kain Sumba yang menggunakan pewarna alami, dikerjakan selama 8 bulan-2 tahun, harganya jauh lebih mahal dari kain Sumba dengan pewarna sintetis,

Selain berjaya di acara insert awards, Tenun Sumba juga berlanjut di program live berikut
Trans TV late night show. Karena jadwal siaran yang berdekatan dengan program sebelumnya dan tema masih seputar HUT Insert, busana yang sama digunakan lagi di program tersebut oleh para host dan bintang tamu. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD