Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 13 November 2014

Sumba Timur Budidayakan Tanaman Langka

Lokasi pembibitan di Sumba Timur
Kupang - Usaha pembibitan tanaman langka seperti cendana, jati, cakar langit, inju watu dan pinang di Sumba Timur sangat menjanjikan. Semakin punahnya tanaman endemik di Pulau Sumba, seperti cendana dan pinang, semakin disadari oleh masyarakat Pulau Sumba menyikapinya dengan membudidayakan tanaman ini melalui pembibitan.
Seperti halnya pohon cendana, selama ini diburu dan ditebang oleh masyarakat sumba secara tak terkendali akibat harga jualnya yang tinggi, terutama karena permintaan akan tanaman dengan wangi menyengat meroket. 

Menurut Eltopilla, salah seorang pembibit cendana di Desa Temu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, penghasilan dari usaha pembibitan cendana, ia dapat meraup keuntungan sekitar Rp 50 juta per masa panen. Saat ini, sekitar 30.000 anakan pohon cendana yang sudah siap panen.

Menurut Elto, masa panen tanaman ini sekitar Oktober sampai Februari saat musim hujan tiba, karena untuk wilayah NTT masa ini adalah masa untuk menanam tanaman keras seperti halnya cendana dan pinang.

“Di Waingapu saja sekarang ada kurang lebih 35 lokasi usaha pembibitan tanaman langka seperti yang saya lakukan. Saya sendiri punya tiga lokasi,” jelasnya, Jumat (7/11/2014). 

Ditambahkan Elto, permintaan bibit tanaman cendana terbanyak dari Kupang dan Sumba Barat.

Ketika ditanya apakah sudah pernah ada investor dari Jakarta/Surabaya datang untuk mengikat kontrak bisnis dengan usaha pembibitan ini?

“Selama ini belum ada, selain promosi yang kurang, kami juga belum mampu menyediakan stok yang banyak dan kontinyu, karena mereka umumnya minta persyaratan yang bagi kami cukup berat, terutama karena modal kami yang pas-pasan,” imbuhnya. 

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur sebenarnya sudah memberikan bantuan teknis berupa penyuluhan dan promosi ke luar daerah.

“Yang kami perlukan bantuan modal atau pinjaman untuk bisa akses sampai ke Jawa, dan usaha kami bisa berjalan lancar,” harap Arfin Ang, yang juga pembibit tanaman langka ini. (Gentio Harsono/DS/HF)

sumber: rri.co.id
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD