Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 30 Oktober 2014

Tak Ada Solar, PLN Padamkan Listrik Di Pulau Sumba



Tambolaka -  Pemadaman listrik serentak terjadi di empat kabupaten di daratan pulau Sumba, yakni Sumba Barat Daya, Sumba Timur, Sumba Barat dan Sumba Tengah. Warga mengeluh karena aktivitas dan usaha terganggu dengan pemadaman tersebut.
 
Ester salah seorang pedagang es di kota Tambolaka mengaku kecewa karena dirinya tidak bisa menjual es karena listrik padam, hal senada diungkapkan Dika pemilih rental pengetikan yang tidak dapat melayani pelanggan karena padamnya listrik

Terkait dengan itu, Kepala PLN area Sumba, Khaerul, mengatakan, pemadaman tersebut akibat pasokan solar dari Pertamina yang terlambat. Sebab, akibat menipisnya persedian solar, maka PLN saat ini hanya bisa mengoptimalkan stok BBM solar yang ada dengan melakukan pemadaman listrik secara bergiliran untuk empat kabupaten di Sumba.

“Untuk diketahui pemadamannya sudah sejak kemarin, tapi tidak total karena diatur secara bergiliran. Ada yang padam selama 3 jam. Tadi malam (pemadaman) sejak jam enam hingga jam sebelas malam,” kata Khaerul.

Menurut Khaerul, pemadaman listrik ini bukan karena adanya gangguan jaringan ataupun gangguan mesin, karena semua jaringan dan mesin PLN kondisinya masih baik. Menurut dia, pemadaman ini murni karena tidak adanya bahan bakar solar yang menjadi pasokan PLN.

Khaerul mengatakan, pemadaman listrik akan berhenti dan normal kembali jika suplai solar sudah tersedia di depo Pertamina Waingapau, Sumba Timur.

"PLN di Sumba ini setiap harinya membutuhkan 46 ton BBM, sehingga kalau itu dipenuhi dengan lancar, saya kira tidak ada masalah,” pungkasnya.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD