Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 10 Oktober 2014

Sumba Pulau Tereksotis di Nusa Tenggara

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tak lepas dari perah wisata bahari meningkatkan kunjungan wisatawan. Saat ini, wilayah Indonesia Timur memang difokuskan menarik wisatawan asing melalui wisata bahari.  Salah satunya terletak di kawasan Nusa Tenggara. Dilansir dari Touropia, berikut tujuh pulau-pulau eksotis yang membentang di sepanjang Nusa Tenggara
 
Sumba
Sumba merupakan kawasan yang memiliki kemegahan alam dan budaya yang menarik. Meski aktifitas dilakukan di kawasan ini adalah diving dan snorkeling, Sumba menarik perhatian wisatawan asing akan budaya dan unsur magis yang ada disana. Festival yang tiap tahun digelar di kawasan ini dan menarik banyak wisatawan salah satunya adalah Festival Pasola. Festival ini merupakan permainan tradisional atau perang-perangan yang dilakukan oleh warga di daerah setempat pada awal tahun.

Dengan kontur tanah yang berbukit menjadi latar indah festival ini. Pasola merupakan bagian dari rangkaian upacara tradisional Sumba penganut agama asli yang disebut Marapu. Pasola merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ritual tahunan dan diselenggarakan bersamaan dengan upacara Bau Nyale yang biasanya berlangsung pada Februari dan Maret. Sumba berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dimana dahulu lebih dikenal sebagai Pulau Cendana dan merupakan daerah yang dikenal melahirkan penunggang kuda terbaik di Nusantara. Kuda sumba sendiri adalah hasil perkawinan silang antara kuda arab dan kuda lokal sehingga ukuran tubuhnya lebih besar dari kuda lokal umumnya.

Taman Nasional Komodo
Surga di bawah laut, inilah julukan bagi Taman Nasional Komodo. Bukan terkenal akan Komodonya namun keindahan bawah laut di kawasan ini tak dapat dipungkiri. Taman Nasional Komodo ini cukup menarik wisatawan dunia menyelami bawah lautnya. Bahkan mereka pernah menyelam di kawasan ini menjadikan TNK sebagai salah satu lokasi menyelam kelas dunia dengan potensi ekosistem laut yang luar biasa. TNK terletak di jantung segitiga terumbu karang yang merupakan suatu kawasan dengan kekayaan dan keragaman hayati paling tinggi.

Sekiranya 75 persen jenis terumbu karang di dunia, ditemukan di kawasan Segitiga Terumbu Karang, ada ribuan ragam ikan, 500 jeins karang dan berbagai hewan lain seperti penyu langka serta biota laut lainnya. Kawasan Segitiga Terumbu Karang merupakan tempat tinggal lebih dari 130 juta manusia yang bergantung kepada laut sebagai sumber makan dan penghasilan. Oleh karenanya, World Wildlife Fund menobatkan Segitiga Terumbu Karang sebagai salah satu dari prioritas utama konservasi kehidupan tahun 2007.

Lombok
Pulau paling barat berada di kawasan Nusa Tenggara. Lombok, seringkali dibandingkan tetangga terdekatnya, Bali. Meski demikian, pamor Lombok saat ini sudah tembus pasar dunia. Bukan memiliki pantai indah, namun Lombok memiliki gunung yang ingin ditaklukan pendaki dari seluruh dunia. Lombok kini identik dengan kawasan surga tropis di tengah gunung Rinjani yang gagah berdiri. Berkunjung ke Lombok, sempatkan pula mengunjungi tiga Gili karena disana akan mendapatkan wisata pantai yang tak kalah dengan Bali.(jjs)


Sumber; okezone
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD