Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 08 Oktober 2014

Pembunuhan Di Tena Teke, 10 Orang Jadi Tersangka

Guna membongkar kasus pembunuhan sadis di SBD, kemarin Kapolda NTT Brigjen POL Endang Sunjaya turun langsung ke sana. Nampak ketika tiba di bandara Tambolaka disambut Bupati SBD Markus Dairo Talu.
Tambolaka - Aparat kepolisian bergerak sangat cepat membongkar kasus pembantaian terhadap tiga warga Desa Tena Teke, Kecamatan wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Hingga Selasa (6/10), mereka berhasil mengamankan sepuluh orang warga SBD, dan mereka ditetapkan sebagai tersangka.
 
Kapolres Sumba Barat AKBP M. Ischaq Said di Tambolaka menjelaskan "Kami sudah amankan sepuluh tersangka. Kondisi saat ini aman dan kondusif,"kata Kapolres Ischaq. Masih menurutnya, salah satu faktor utama terjadinya kasus kriminal pembunuhan di Sumba Barat Daya ialah keterbatasan anggota polisi sehingga agak sulit untuk menekan angka kriminal. Dia mencontohkan, di Polsek Wewewa Selatan, jumlah anggota polisi hanya tujuh orang saja, sedangkan total warga kecamatan sekitar puluhan ribu. "Secara logika, tentu sangat tidak berimbang. Namun kita tidak perlu menyerah dengan keadaan tetapi harus berjuang sekeras mungkin untuk menekan angka kriminal,"ungkap Ischaq lagi. Dia merinci, ketiga warga yang jadi korban yakni Yusak Lede Bili, Timotius Malo Bili dan Soleman Bulu Damma. Sedangkan sepuluh warga yang menjadi tersangka pembunuhan yaitu Petrus Nono, Paulus Nono, Agustinus Ngongo Lede, Samuel Bora Bani, Oktavianus Saingo, Kadi Wanno, Yunus Bora Bulu, Soleman, Yeremias dan Piter.

Di tempat terpisah, Kapolsek Wewewa Selatan AKP Husen Jafar ketika dikonfirmasi merinci, sepuluh orang yang yang berhasil diamankan itu antara lain, tiga orang menyerahkan diri di Polsek Wewewa Selatan, dua orang sedang dirawat di Rumah Sakit Karitas sedangkan lima orang lagi ditangkap oleh polisi. "Saat kami tangkap lima orang itu, mereka tidak melakukan perlawanan sehingga proses penangkapan berjalan lancar dan semua kita sudah serahkan ke Polres Sumba Barat agar mempermudah proses pemeriksaan," katanya.

Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu mengatakan, seluruh proses hukum terkait kasus pembunuhan di Wewewa Selatan diserahkan kepada pihak berwajib. "Saya himbau kepada seluruh masyarakat SBD, khususnya keluarga korban untuk tetap tenang menahan diri. Kita relakan semua yang telah terjadi,"ungkap Markus. Wakil Ketua DPRD terpilih Sumba Barat Daya, Timotius Rina sangat menyesalkan kasus pembunuhan yang terjadi di Wewewa Selatan. Ini indikasinya, kepolisian Wewewa Selatan melakukan pembiaran karena satu hari sebelumnya, sudah terjadi konflik dan satu warga ditebas sehingga jari-jari tangannya terlepas dan kepala bagian kanan luka karena terpotong. Pihak keluarga sudah melaporkan ke Polsek namun polisi tidak melakukan tindakan penahanan sehingga terjadilah peristiwa lanjutan yakni pembunuhan," kata Timo.

Atas fakta itu, menurut Timo, polisi harus bertanggungjawab atas kasus ini karena jelas adanya indikasi pembiaran. "Saya akan laporkan ke Kapolda. Karena katanya beliau mau langsung ke lokasi," ungkap Timo.

Kapolda Tinjau TKP
Kapolda NTT, Brigjen Endang Sunjaya turun langsung memantau situasi dan kondisi di tempat kejadian perkara (TKP) kasus pembunuhan di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) yang menimbulkan tiga korban jiwa. Kabid Humas Polda NTT, AKBP Okto Riwu yang dikonfirmasi Senin (7/10) mengatakan sesuai agenda, Kapolda seharusnya menghadiri puncak peringatan HUT TNI di Surabaya. Namun, agenda itu dibatalkan setelah mengetahui adanya kasus pembunuhan di Kabupaten SBD. "Pak Kapolda baru tiba di Tambolaka sekira jam enam sore tadi, karena pesawat delay. Beliau pakai penerbangan Garuda dari Denpasar," sebut Okto.

Okto menerangkan, orang nomor satu di Polda NTT itu akan meninjau langsung ke TKP hari ini, Selasa (8/10), guna melihat kesigapan personil Polres Sumba Barat dan Brimob yang melakukan pengamanan di TKP. "Pak Kapolda akan ke TKP dan pimpin langsung pengamanan di sana. Kalo situasi sudah kondusif, baru beliau akan pulang. Beliau juga akan dialog dengan tokoh masyarakat dan pemerintah di sana," sebut Okto. (kr-24/joo/boy)

Membongkar Kasus Pembantaian di SBD

Tiga Bersaudara yang Dibunuh
1. Yusak Lede Bili
2. Timotius Malo Bili
3. Soleman Bulu Damma

Sepuluh Tersangka yang Diamankan
1. Petrus Nono
2. Paulus Nono
3. Agsutinus Ngongo Lede
4. Samuel Bora Bani
5. Oktavianus Saingo
6. Kadi Wanno
7. Yunus Bora Bulu
8. Soleman
9. Yeremias
10. Piter

Barang bukti yang diamankan berupa: Parang, tombak/kayu kudung, anak panah serta ali-ali.

Sumber: timorexpress.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD