Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 09 Oktober 2014

Pelamar DI SBD Mengeluh NIK Tak Dapat Digunakan Untuk Daftar CPNS 2014

Tambolaka - Pelamar pekerjaan di program seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) harus menggunakan nomor induk kependudukan untuk mendaftarkan diri. Namun, sebagian pelamar tidak bisa mengikuti proses rekrutmen yang dilakukan via internet tersebut karena tidak validnya NIK.

Rosa salah seorang calon pelamar mengatakan, pada 6 Oktober 2014, ia mengakses situs www.panselnas.menpan.go.id untuk melakukan pendaftaran. Namun, saat ingin melakukan login atau masuk dalam sistem rekrutmen, ia selalu gagal karena NIK miliknya yang tertera di kartu tanda penduduk (KTP) ternyata tidak bisa digunakan.

"Saya sudah coba masukkan saja data sesuai KTP di formulir registrasinya, tapi setelah selesai dimasukkan dan dikirim, balasan yang muncul ialah, NIK-nya tidak dapat digunakan," kata Rosa

Rosa mengatakan dirinya mendapat informasi bahwa alat perekam KTP yang ada di SBD semuanya rusak dan belum diperbaiki sejak akhir tahun lalu sehingga banyak pelamar yang NIK nya tidak dapat digunakan.

Rosa dan beberapa rekannnya berusaha mengirimkan scan ktp ke email panselnas dan berharap mendapat solusi untuk permasalahan NIK.

Informasi yang diperoleh Moripanews Online, banyak pelamar yang NIK nya tidak dapat digunakan sudah mengeluhkan permasalahan ini ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumba Barat Daya pada Rabu (7/10) namun belum mendapat solusi.

Sementara itu salah satu staf Dispendukcapil SBD yang dihubungi Moripanews Online mengatakan penerimaan CPNS merupakan kewenangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sumba Barat Daya dan menurutnya pihak BKD tidak pernah berkoordinasi dengan Dispendukcapil apakah SBD siap untuk melakukan pendaftaran online.

"Ketika BKD SBD mau membuka lowongan CPNS dengan sistem pendaftaran online menggunakan NIK tidak pernah koordinasi ke Dispenduk SBD apakah kita siap atau tidak", ujar sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

"Soal NIK bukan tidak terbaca, seandainya BKD mau NIK terbaca harusnya mereka  koordinasi dengan Dispendukcapil untuk mencari solusi, Data NIK harusnya bisa dibawa ke BKN dan dimasukkan ke server panselnas kan selesai masalahnya" Katanya.

Masalah Sistem
Kepala Biro Hukum, Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Herman Suryatman mengatakan, kesulitan mendaftar pada umumnya disebabkan kesalahan calon pelamar dalam menginput data dan juga kesalahan sistem. Jika salah menulis informasi diri atau memasukkan data tidak sesuai panduan, memang dapat menyebabkan kegagalan mengakses situs pendaftaran.

Tetapi, untuk masalah sistem, kata Herman, bisa saja karena beban situs pendaftaran terlalu berat sehingga menyebabkan kegagalan untuk mengakses. Kegagalan menggunakan NIK, menurut Herman, juga merupakan masalah sistem.

Karena itu, untuk setiap pengaduan masalah NIK, tim verifikasi di pansel nasional akan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mengonfirmasi para pengadu yang bermasalah NIK-nya.

Di situs panselnas.menpan.go.id pada tautan pengaduan, sudah disebutkan informasi terkait prosedur apa yang harus ditempuh jika menenmukan kendala NIK.

Berikut prosedur berdasarkan situs panselnas.menpan.go.id.
Apabila ada masalah terkait dengan NIK, dapat mengirimkan email dengan prosedur :

Kirimkan email pengaduan ke panselnas@menpan.go.id
Subject Penulisan Email Pengaduan [Pengaduan Permasalahan NIK].
Email diisi biodata lengkap sesuai KTP.
Lampirkan bukti KTP atau E-KTP dan ijazah SMA / akta kelahiran didalam email.
Email dengan data tidak lengkap tidak akan diproses.
Apabila ada masalah terkait dengan email Anda, dapat mengirimkan email dengan prosedur :
Kirimkan email pengaduan ke info@panselnas.id Cantumkan semua data yang Anda isi saat mendaftar.

Apabila pengisian formulir pendaftaran anda ulang karena pengisian sebelumnya berhenti ditengah jalan atau tidak tuntas, dan muncul peringatan “NIK tidak valid atau sudah terdaftar”, maka anda dapat langsung login ke portal instansi minimal 1×24 jam. Daftar portal instansi dapat dilihat di tautan ini.

Apabila sudah mendaftar akan tetapi tidak mendapat email pemberitahuan dari panselnas, maka dengan menggunakan NIK dan  password yang anda daftarkan dapat langsung login ke portal instansi minimal 1×24 jam.

Apabila mengalami kesulitan login di portal instansi atau sscn.bkn.go.id., harap mengirimkan e-mail ke panselnas@menpan.go.id dengan subjek [Pengaduan Login] dengan isi mencantumkan semua data yang Anda isi saat mendaftar.

Harap tekan ctlr + F5 pada keyboard anda untuk update halaman portal panselnas. Apabila ada masalah terkait dengan web Panselnas yang tidak dapat diakses, Anda dimohon untuk bersabar dan terus mencoba karena traffic sedang padat.  Apabila ada error (hanya sebentar) disebabkan padatnya traffic tersebut. (snd)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD