Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 07 Oktober 2014

Pantau Pembangkit Tenaga Angin, Dahlan Iskan Kembali Kunjungi Sumba

Waingapu - Sebanyak 25 rumah tangga keluarga miskin di Dusun Kalihi, Desa Kamanggi, Kecamatan Kahunga Eti, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat listrik dari Taman Listrik Tenaga Angin (TLTA).
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan yang mengunjungi dusun ini, Senin (6/10) mengatakan, taman listrik ini merupakan proyek percontohan yang dibiayai dari dana sosial BUMN.

“Inilah cara untuk melistriki Sumba yang dikenal kaya akan angin. Dulukan saya selalu meragukan pembangkit listrik tenaga angin sehingga saya pingin tahu jangan-jangan ini tidak jalan, ternyata jalan dengan sangat baik,’ kata Dahlan Iskan.

Kata Dahlan, taman Listrik tenaga angin ini bisa berjalan dengan baik karena pemilihan lokasi yang tepat. Selain itu, teknologi yang diciptakan oleh Ricky Elson itu membuat baling-baling mudah berputar karena magnetnya tidak berat, hanya sekitar 200 gram.

Dahlan mengapresiasi proyek pembangkit listrik tenaga angin hasil buatan dalam negeri di Sumba Timur berjalan baik. Sebab, kata dia, proyek pembangkit listrik tenaga angin di Jawa Barat dan Bali dengan teknologi luar negeri tidak berjalan.

Kincir angin yang dipasang di Kalihi ini adalah temuan Ricky Elson, seorang ahli motor listrik dan pelopor mobil listrik Indonesia. Tinggi tiang  kincir hanya sekitar empat meter dan terpasang 20 kincir angin yang menghasilkan daya listrik 11 Kilowatt. Listrik yang dihasilkan taman listrik tenaga angin ini sudah digunakan warga setempat sekitar 1 tahun lebih.

Sumber: portalkbr
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD