Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 04 Oktober 2014

Merasa Tertipu, TKW Asal Sumba Di Semarang Melarikan Diri

Para TKW asal Sumba saat melarikan diri dari penampungan ke Mapolsek Semarang Barat Sabtu (27/9)
Laporan Kontributor Kresna Umbu Haingu 

Semarang - Dua Puluh (20) tenaga kerja wanita (TKW) asal Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil melarikan dari tempat penampungan ke Mapolsek Semarang Barat Sabtu (27/9/2014). Para TKW asal sumba merasa ditipu oleh perusahaan peyalur tenaga kerja yang merekrutnya. TKW yang terdata berasal dari Kabupaten Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya.

Kapolsek Semarang Barat, AKP Fadli mengatakan. 20 TKW melarikan diri pukul 13.00 dengan melompati pagar dan menggunakan angkutan kota. Pihak mapolsek Semarang Barat langsung mengamankan para TKW.

AKP Fadli menjelaskan setelah mendengarkan keterangan dari para TKW,  Sabtu malam pihak mapolsek bersama Disnakertras kota Semarang melakukan pendalaman dengan turun ke lokasi para TKW ditampung. Setelah melakukan pengecekan, pihak perusahaan penyalur tenaga kerja PT GIP membenarkan adanya 20 TKW yang lari.  Berdasarakan ijin PT GIP merupakan  perusahaan penyalur tenaga kerja yang legal dan terdaftar di Kementrian Nakertrans.

Sabtu malam pihak kepolisian, Disnakertrans dan pihak Ikatan Keluarga Sumba (IKS) Semarang mendengarkan alasan dari ke 20 TKW melarikan diri. Pengakuan dari para TKW, pengiriman keluar negeri tidak sesuai dengan waktu yang dijanjikan oleh penyalur saat di Sumba. Menurut para TKW, mereka dijanjikan 21 hari setelah tiba di Semarang akan langsung diberangkatkan ke negara - negara tujuan di antaranya Malaysia dan Hongkong. Namun faktanya para TKW harus tinggal di penampungan selama tiga bulan bahkan bisa sampai lima bulan.

Mendengarkan keterangan tersebut, pihak Disnakertrans Kota Semarang memberikan penjelasan kepada para TKW bahwa minimal 3 bulan para TKW harus ditampung untuk mendapatkan pelatihan agar bisa terampil ketika akan bekerja di negara tujuan. Para TKW yang mendengar penjelsan Disnakertrans Kota Semarang tetap menuntut untuk dipulangkan ke Sumba. Untuk menjaga keamanan para TKW pihak polsek mengambil inisiatif untuk menampung sementara para TKW di Mapolsek Semarang Barat karna belum ditemukan titik temu dalam komunikasi kedua belah pihak, sambil menunggu perkembangan lebih lanjut.

Minggu (28/9) pihak kepolisian kembali menuju tempat penampungan penyalur tenaga kerja PT GIP karena 11 TKW asal Sumba dan 2 TKW asal Belu membuat kegaduhan karena ingin keluar dari tempat penampungan mengikuti rekan-rekannya yang melarikan diri.

AKP Fadli menyebutkan bahwa pihak Mabes Polri dan BP2TKI sudah mengetahui kabar tersebut sehingga Senin (29/9) mengirimkan tim untuk melakukan investigasi. Tim Mabes Polri, Polda Jateng dan BP2TKI mendengarkan langsung keterangan dari 34 TKW. Setelah mendengar keterangan para TKW, tim menemukan bahwa selama ini para TKW tidak mendapat hak atau upah dari perusahaan. Tim kemudian  berkoordinasi dengan Dinsos Provinsi Jawa Tengah dan Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah untuk memindahkan para TKW ke tempat yang lebih aman dan nyaman.

AKP Padli mengungkapkan adanya indikasi mafia perdagangan dalam kasus ini dan sedang dicari kaitan dengan kasus yang beberapa waktu lalu ditemukan di Jakarta. Selain itu ditemukan fakta PT GIP yang menampung para TKW asal Sumba ini sebelumnya sudah pernah tersandung kasus serupa sebanyak dua kali dengan kasus ketiga ini PT GIP terancam dicabut ijinnya.

Sementara itu Ketua IKS Semarang, Ferdinand Lobo menduga adanya pemalsuan identitas para TKW karena ditemukan TKW yang masih dibawah umur.
"IKS Semarang tetap mengawal perkembangan kasus ini dan melakukan komunikasi intensif dengan pihak dinas terkait dan terus memantau keadaan para TKW asal Sumba" Ujar Lobo

Informasi yang dihimpun MoripaNews Online setelah dua malam ditampung oleh Mapolsek Semarang Barat, saat ini para TKW berada di Rumah Aman dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. (kuh)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD