Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 04 Oktober 2014

Hasil Pendataan Kepolisian, Ditemukan Calon TKW Asal Sumba Dibawah Umur

Para calon TKW asal Sumba, NTT di rumah penampungan milik PT Graha Indrawahana Perkasa saat didata oleh Polda Jateng, Selasa (30/9)
Semarang -  Ketika tim gabungan dari Polsek Semarang Barat, Polrestabes Semarang, Polda Jateng, dan BNP2TKI mendatangi lokasi penampungan calon TKW milik PT Graha Indra Wahana Perkasa di Jalan Sri Rejeki nomor 30, Semarang Barat, pada Selasa (30/9) Lalu, ditemukan adanya kejanggalan antara nama nama dan umur para calon TKW asal Sumba, NTT.

Tim gabungan juga meninjau seluruh ruangan yang ada di gedung berbentuk ruko tiga jajar berwarna merah tersebut. Para penghuni rumah penampungan juga dimintai keterangan terkait identitas dan aktifitas selama di penampungan.

Saat petugas meminta berkas dokumen dari para calon TKW, pengurus asrama, Nani Suryati, memberikan beberapa lembar buku berisi identitas para calon TKW.

Ketika diperiksa, terdapat kejanggalan antara nama nama dan umur para calon TKW.
Temuan ini semakin jelas saat tim gabungan ini menginterogasi satu persatu calon TKW asal Sumba, NTT, yang masih bertahan di penampungan tersebut.

"Umur saya 21 tahun, cuma tamatan SMP tahun 2010," ujar seorang calon TKW. Setelah diperiksa lebih mendalam, diketahui calon TKW tersebut masih berumur 18 tahun.

Kapolsek Semarang Barat, AKP Padli, mengatakan, pihaknya bersama Polrestabes Semarang, Polda Jateng dan BNP2TKI mendatangi lokasi penampungan calon TKW sebagai tindak lanjut kejadian hari Sabtu (27/9) dimana 20 orang calon TKW asal Sumba melarikan diri dari rumah penampungan menuju ke Polsek Semarang Barat.

Sehari kemudian, 13 orang calon TKW juga ikut melarikan diri dan meminta perlindungan ke Polsek Semarang Barat. Mereka melarikan diri dari lokasi penampungan lantaran tidak tahan tinggal di penampungan. Mereka dijanji berangkat ke Malaysia setelah mengikuti pelatihan selama 21 hari, namun ternyata tak kunjung berangkat.

"Ada yang sudah tiga bulan, empat bulan tidak diberangkatkan," ujar Padli, Selasa (30/9). Setelah ditampung di Polsek Semarang Barat, 32 calon TKW ini kemudian dipindahkan ke penampungan Disnakertrans di Ungaran.

Sumber: jateng.tribunnews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD