Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 14 Oktober 2014

Bupati Cek Kebenaran Info Kelaparan di Sumba Timur

Bupati Sumba Timur Gidion Biliyora
Waingapu -Bupati Sumba Timur Gidion Biliyora memerintahkan aparatnya memeriksa kebenaran informasi kelaparan yang menimpa warga di beberapa desa akibat kegagalan panen dan tanam pada musim tanam 2013/2014.
 
"Sudah ada laporan dan saya sudah minta petugas ke lapangan untuk mengecek kebenaran laporan itu," kata Gidion Biliyora yang dikonfirmasi Antara melalui telepon genggam dari Kupang, Senin (13/10/2014).

Dia mengatakan, dari hasil monitoring apangan nanti bisa diketahui berapa desa dan berapa kepala keluarga (KK) benar-benar terancam kelaparan karena ketidaan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Gidion mengatakan, telah menyiapkan langkah antisipasitif jika benar telah terjadi ancaman kelaparan akibat kemarau tahun ini.

"Kita punya beras 100 ton dan itu kewenangan bupati sehingga kapan saja bisa dikeluarkan, tetapi sasarannya harus jelas," katanya.

Dia mengatakan, wilayah Sumba Timur, terutama di desa-desa di kawasan pesisir utara setiap tahun selalu mengalami ancaman kelaparan karena hasil panen para penduduk tidak bisa memenuhi kebutuhan sampai musim tanam berikut.

Dalam kaitan ini, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dalam beberapa tahun terakhir ini terus membantu dan mendorong masyarakat untuk menanam tanaman pangan lokal seperti ubi, jagung dan pisang.

Pangan lokal ini kata dia, bisa menopang hidup para petani jika lahan garapan mereka tidak mampu berproduksi maksimal karena iklim.

Hanya, dalam beberapa tahun belakangan ini, masyarakat sudah semakin pandai sehingga ketika tidak ada persediaan beras di rumah berarti kelaparan, walaupun ada pangan lokal yang masih cukup tersedia.

"Saya masih menunggu laporan. Kalau memang benar, saya akan segera turun ke desa untuk menyalurkan bantuan beras," katanya.


Sumber: antara
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD