Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 10 Oktober 2014

Air Terjun Mata Yangu Yang Alami Di Sumba Tengah

Waibakul - Mata Yangu adalah obyek air terjun yang sangat menarik dengan keindahan alam sekitarnya yang masih alami dan belum terusik oleh tangan-tangan jahil. Air terjun alami setinggi 75 meter ini berada di Kabupaten Sumba Tengah.

Masyarakat masih memelihara alam sebagai mana adanya sehingga memberikan daya tarik natural yang sangat mempesona dengan gemuruh airnya, air terjun Mata Yangu bagaikan mutiara putih yang berkilau diterpa mentari siang. 

Lokasi Mata Yangu

Mata Yangu dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari ibukota Waibakul kurang lebih 1 jam berada dalam hutan Kawasan Taman Nasional. Mata Yangu yang merupakan sebuah tempat bagi orang Marapu beribadah dan dikeramatkan. Matayangu berarti " BERHENTI DISINI ", tempat ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya arwah-arwah leluhur Marapu. 


 Susunan bebatuan dibawahnya membentuk kolam-kolam kecil yang dapat digunakan untuk pemandian. Selain itu air terjun matayangu menyimpan history/cerita tentang makam lama yang tersembunyi pada sebuah gua kecil yang letaknya ada dibalik air terjunnya. Gua tersebut diyakini sebagai makam yang menyimpang barang-barang bersejarah. Gua tersebut akan tampak saat debit airnya kecil sekitar musim kemarau/panas.

Untuk yang di Sumba, Air Terjun Mata Yangu bisa menjadi pilihan bagi anda menghabiskan waktu weekend anda.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD