Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 13 September 2014

Lagi-Lagi TKW Asal Sumba Ditipu

Kupang - Benar-benar apes nasib calon TKW asal Sumba Barat yang direkrut PT Total Data Persada. Semula mereka dijanjikan hanya ditampung selama dua atau tiga hari dan akan dikirim ke Singapura.  Namun, kenyataannya, meraka sudah ditampung di tempat itu sudah tiga minggu.
 
Ernawati Lado (20) salah seorang calon TKW asal Sumba Barat yang turut disekap mengisahkan, ia direkrut dan dijanjikan aka dikirim ke Singapura. Saat perekrutan, kepadanya dikatakan hanya akan berada di tempat penampungan selama dua atau tiga hari.

"Tapi ternayata sudah tiga minggu kami ditampung, bahkan semua aktivitas kami hanya di dalam kompleks yang dipagari tinggi, seshingga karena tidak bertahan sehingga ada yang sakit,” kisahnya kepada wartawan, Jumat (12/9).

Selama disekap di tempat itu, jatah makan yang diberi dalam sehari hanya dua kali. Bahkan, saat ada di antara mereka bertengkar, ada petugas yang menjaga mereka memanggil dan meneriaki dengan bahasa kasar.

Serly Dodo (21), yang juga berasal dari Sumba mengaku, selama disekap di penampungan tersebut, dia bersama teman-teman tidak dizinkan keluar. Akibat bau pengap di dalam tempat penampungan, menyebabkan dirinya bersama teman-temannya sakit.

Selain itu, tambahnya, makanan yang diberi di tempat penampungan hanya dua kali sehari, sehingga mempenagruhi kondisi mereka mudah terkena penyakit. "Kami sangat berterimah kasih atas pihak yang telah membawa kami ke rumah sakit untuk pemeriksaan," katanya.

Bripol Uci dari Polda NTT yang ikut bersama dalam pemeriksaan tersebut mengatakan, untuk sementara kepolisian belum bisa mengambil tindakan dalam persoalan yang dihadapi oleh para calon TKW yang ditampung selama tiga minggu oleh perusahan perekrut tersebut. Namun, pengawasan terhadap perusahan akan terus dilakukan kepolisian.

Rahmawati Bagang, Kepala Divisi Pendampingan Rumah Perempuan mengatakan, dari 11 orang yang sempat diantar ke rumah sakit untuk berobat dan calon TKW lainnya yang sudah berhasil ditemukan, sehingga telah berjumlah 28 orag.

Mereka semua, kata Bagang, telah membuat surat pernyataan bahwa mereka minta keluar dari PT Total Data Perdana, dan mereka tak mau lagi difasilitasi perusahaan itu untuk bekerja ke Singapura.

“Mereka juga menyatakan, akan pulang ke kampung dan meminta agar pemerintah dapat memfasilitasi mereka untuk kembali ke kampung halaman,” paparnya..

Sumber: Flobamoranet
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD