Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 25 September 2014

Kabulkan Permohonan Johanis, Lima Komisioner KPU SBD Dipecat DKPP

Jakarta - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan untuk memecat seluruh komisioner KPU Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur karena terbukti melanggar kode etik penyelenggara pemilu legislatif 2014 di Kabupaten SBD.
 
Dalam putusan No.87/DKPP-PKE-III/2014 dalam sidang hari ini (Kamis, 25/9/2014) DKPP menjatuhkan putusan dugaan adanya pelanggaran kode etik oleh KPU SBD berdasarkan laporan caleg Partai Demokrat Johanis Ngongo Deta.

Dalam aduannya Johanis menduga terjadi pengelembungan suara yang dilakukan oleh PPK dan PPS di Kecamatan Wewewa Utara, pada Dapil II Kabupaten SBD; selain itu KPU SBD dianggap tidak melaksanakan Rekomendasi Panwaslu Kabupaten Sumba Barat Daya Nomor: 09/Panwaslu.Kab/SBD/IV/2014 tanggal 20 April 2014 serta melakukan sidang pleno pada tanggal 21 April 2014, mengeluarkan dirinya dari ruang pleno menggunakan Kapolres dan anggota Polisi Sumba Barat tanpa alasan yang tepat, padahal dirinya sebagai saksi dari Partai Demokrat dan juga sebagai orang yang dirugikan dalam dugaan pengelembungan suara di Dapil II SBD Kecamatan Wewewa Utara.

Selain itu  suara yang diperolehnya berdasarkan DB KWK hasil KPUD tanggal 21 April 2014 adalah 1359 suara, sedangkan jumlah suara Victor Maxmilan Yakup berdasarkan form DB KWK adalah 1373, seharusnya suara Victor Maxmilan Yakup berdasarkan form C1 adalah 1259.

13 point Alasan dan pokok pengaduan Johanis menjadi pertimbangan dalam rapat pleno oleh enam anggota DKPP, yakni Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie,S.H. sebagai Ketua merangkap Anggota; Prof. Dr. Anna Erliyana, S.H.,M.H., Pdt. Saut Hamonangan Sirait, M.Th., Nur Hidayat Sardini, S.Sos., M.Si., Ir. Nelson Simanjuntak,S.H., dan Ida Budhiati, S.H., M.H., masing-masing sebagai Anggota

DKPP Kemudian memutuskan, mengabulkan permohonan Pengadu untuk sebagian dan menjatuhkan sanksi berupa Pemberhentian Tetap kepada kelima komisioner KPU Kabupaten SBD serta
DKPP pun memerintahkan KPU Provinsi NTT untuk menindaklanjuti rekomendasi pemberhentian tetap ini dan meminta Bawaslu untuk mengawasinya.

Adapun komisioner KPU SBD yang dipecat, yakni Ketua KPU SBD Mathias Ndelo, dan Komisioner Bernadus Dowa Lere, Abdi Haji Dasing, Paulus A.H.A. Oemburey, dan Yosefina Tanggu Bore.(snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD