Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 22 September 2014

Bupati SBD Canangkan Pekan Kelambu Massal Terintegrasi

Tambolaka - Seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumba Barat Daya  (SBD) sampai dengan tahun 2013 masih menjadi wilayah endemis malaria. Sehubungan dengan hal tersebut, Senin 22 September 2014 Bupati Sumba Barat Daya, Markus Dairo Talu, SH mencanangkan Pekan Kelambu Massal Terintegrasi di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dalam sambutannya Bupati SBD yang akrab disapa MDT ini menyampaikan bahwa sampai dengan akhir tahun 2013 jumlah kasus malaria di SBD mencapai 28.646 kasus dengan annual parasite incident (API) terdapat 31 orang dari seribu penduduk yang yang mengidap penyakit malaria.

Pencanangan Pekan Kelambu Nasional Terintegrasi ini ditetapkan mulai tanggal 22 - 27 September 2014 yang merupakan dukungan dari Kementrian Kesehatan RI,  Unicef dan Gobal Fund dalam kegiatan penanggulangan malaria di Kabupaten SBD dengan mengalokasikan 51.475 lembar kelambu yang dibagikan secara gratis bagi masyarakat SBD yang tersebar di 129 desa dan 2 kelurahan.

"Dengan pembagian kelambu ini diharapkan mampu melndungi masyarakat dari gigitan nyamuk anopheles sebagai penular maria, dengan harapan penurunan kasus malaria di kabupaten Sumba Barat Daya yang ditargetkan padatahun 2016 annual parasite incident kurang dari 15 orang per seribu penduduk  " Kata MDT.

MDT berharap para Camat dan Kepala Desa mengawasi pendistribusian kelambu agar dapat tepat sasaran dan Puskemas dapat meningkatkan peran aktif dalam pelaksanaan Kegiatan ini. Harapan yang sama disampaikan untuk LSM dan swasta untuk dapat meningkatkan upaya pemberantasan malaria.

Untuk masyarakat SBD, MDT berharap agar dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan agar tetap sehat dan yang terpenting menggunakan kelambu yang telah dibagikan.

Dalam kesempatan tersebut MDT menyerahkan kelambu kepada perwakilan Desa dari 11 Kecamatan. Kegiatan ini juga diintegrasikan dengan pengobatan massal filaria.
 

Pencanangan Pekan Kelambu Massal Terintegrasi di Kabupaten SBD yang berlangsung di halaman kantor Bupati di Puspem Kadula tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati SBD Drs. Ndara Tanggu Kaha, Sekretais Daerah SBD, Perwakilan UNICEF kupang, Perwakilan Global Fund, Pimpinan Kantor dan Dinas di lingkup Pemda SBD serta Camat. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD