Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 30 Agustus 2014

Desa Kabali Dana Bangun Rumah Tak Layak Huni Warga Dengan Dana ADD

Tambolaka - Pemerintah Desa Kabali Dana, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), membuat program dengan dana Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2014. Salah satunya diperuntukan buat pembangunan rumah tidak layak huni milik warga desa itu.

Kepala Desa Kabali Dana, Yakub Lede, mengatakan, Kabali Dana mendapat alokasi ADD Rp 125 juta. "Selain digunakan untuk rehab kantor desa, juga diperuntukan pembangunan rumah warga yang sudah tidak layak huni," katanya di Kantor Desa Kabali Dana, Senin (25/8/2014) lalu.

Dijelaskannya, pencairan ADD secara bertahap. Tahap pertama, di antaranya digunakan membangun 4 unit rumah tidak layak huni. "Tahap satu empat unit. Bantuannya berupa seng 50 lembar ditambah uang biaya sensor kayu. Jadi, total bantuan untuk satu unit rumah Rp 2.750.000," terangnya. Tahap kedua, lanjutnya, ada bantuan pembangunan tiga unit rumah tidak layak huni.

Menurutnya, sebelum dikasih bantuan diawali survei. "Jadi, rumah-rumah itu tidak layak huni. Pemiliknya betul-betul tidak mampu. Yang tidak layak huni jumlahnya di bawah sepuluh. Sementara yang layak huni hampir banyak," ujar Yakub Lede.

Dia mengatakan, untuk rumah yang teridentifikasi masih tidak layak huni akan diusulkan ke program P2LDT. "Dana program ini belum disalurkan," katanya. Lebih lanjut dikatakannya, mayoritas warga Desa Kabali Dana bermata pencaharian sebagai petani.

"Daerah ini daerah pertanian. Banyak komoditi unggulan seperti kopi, jahe, tembakau, durian, rambutan dan tomat. Yang menjadi masalah dipenjualan. Kami harap pemerintah membantu petani menyediakan pasar," harap Yakub Lede. (aca)

Sumber: Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD